Jakarta Mau Terapkan ERP, Biaya Naik Angkutan Umum Harus Lebih Murah

ADVERTISEMENT

Jakarta Mau Terapkan ERP, Biaya Naik Angkutan Umum Harus Lebih Murah

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 20 Jan 2023 12:37 WIB
Pemprov DKI Jakarta bakal menerapkan sistem pengendalian lalu lintas jalan berbayar pada jaringan tertentu atau kawasan tertentu. Penasaran?
ERP Jakarta (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menerapkan jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP). Namun, ada beberapa catatan agar ERP ini efektif mengalihkan pengguna kendaraan pribadi ke transportasi umum.

Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Wilayah DKI Jakarta menilai, parameter penentuan tarif ERP harus didasarkan pada simulasi biaya transportasi yang ditanggung oleh pengguna jalan.

"Efektivitas tarif ERP dalam mendorong peralihan moda sangat tergantung dengan perbandingan biaya peralihan moda yang harus ditanggung pengguna jalan," sebut MTI dalam keterangan tertulisnya.

Sebab, jika biaya langsung maupun tidak langsung pengguna transportasi umum lebih tinggi dari tarif ERP, maka ERP berpotensi tidak efektif.

"Di sisi lain, apabila perhitungan dan penerapan tarif tidak mempertimbangkan strategi pembenahan angkutan umum massal untuk akses dari dan ke wilayah terdampak, maka ERP berpotensi menimbulkan resistensi di masyarakat," katanya.

Adapun biaya langsung dan tidak langsung dari pengguna transportasi umum antara lain biaya tiket, waktu tunggu di lokasi perhentian, waktu perjalanan dalam kendaraan, waktu dan jarak berjalan kaki dari dan ke lokasi henti angkutan umum, keamanan dan kenyamanan menuju dan ke lokasi henti kendaraan umum, keamanan dan kenyamanan di lokasi henti kendaraan umum, keamanan dan kenyamanan dalam kendaraan, kesesuaian jalur layanan dengan asal tujuan perjalanan, serta kesesuaian kualitas layanan dengan kebutuhan segmen masyarakat yang dilayani.

"Untuk mendorong penggunaan moda transportasi umum maka secara paralel dengan penerapan ERP perlu dilakukan upaya serius, tepat dan komitmen dalam perencanaan dan implementasi perbaikan, pengembangan layanan transportasi umum, dan penerapan kebijakan transportasi yang bersifat mendukung pengembangan dan perbaikan transportasi umum, serta mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi," katanya.



Simak Video "ERP Jadi Strategi Anyar Jakarta Atasi Macet"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT