Kijang Innova Zenix 'Minum' Pertamax-Shell Super, Siapin Duit Segini untuk Full Tank

ADVERTISEMENT

Kijang Innova Zenix 'Minum' Pertamax-Shell Super, Siapin Duit Segini untuk Full Tank

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 02 Des 2022 07:08 WIB
Toyota resmi meluncurkan Kijang Innova Zenix Hybrid. Tambahan nama Zenix membuat mobil ini berubah total. Lalu, seperti apa test drivenya?
Kijang Innova Zenix diisi Pertamax-Shell Super, bakal menghabiskan uang nyaris Rp 800 ribu. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Buat kamu pengguna BBM jenis Shell Super jangan kaget kalau biaya isi bensin per 1 Desember naik. Sejak kemarin Shell termasuk operator SPBU yang melakukan penyesuaian harga pada seluruh jenis BBM di Indonesia. Besar kenaikannya bervariasi.

Misalnya Shell Super naik Rp 630 per liter menjadi Rp 14.180 per liter. Kemudian Shell V-Power kenaikannya mencapai Rp 890 per liter, dari semula Rp 14.210 menjadi Rp 15.100 per liter.

Begitu pula dengan Shell V-Power Nitro+ yang sekarang dibanderol Rp 15.530 per liter. Kenaikan harga BBM itu tentu berdampak terhadap biaya pengisian BBM kendaraan, jelas akan lebih mahal.

Sebagai contoh biaya yang dibutuhkan untuk mengisi penuh tangki Toyota Kijang Innova Zenix. Ya, Toyota Kijang Innova Zenix merupakan salah satu kendaraan yang direkomendasikan untuk menggunakan BBM minimal RON 91. Kendati demikian dengan rasio kompresi mesin 13.0:1-14.0:1, Kijang Innova Zenix masih aman dikasih 'minum' Shell Super karena punya kadar RON 92.

Mobil anyar dari keluarga Toyota itu memiliki tangki yang cukup besar yakni 52 liter. Maka dari itu bila Kijang Innova Zenix diisi Shell Super full tank dibutuhkan uang Rp 737.360. Sementara bila kamu menggunakan Pertamax, biaya untuk isi full tank Innova Zenix uga lebih murah yakni Rp 722.800. Perbedaannya tak terlampau jauh yakni hanya Rp 14.560.

Kalau kamu ingin menggunakan BBM dengan RON lebih tinggi lagi, biayanya tentu akan lebih melambung. Misalnya kamu lebih memilih Pertamax Turbo dengan RON 98, maka biaya untuk isi full tank Innova Zenix sebesar Rp 790.400. Lalu bila RON 98 yang dipilih milik Shell yakni V-Power Nitro+ dengan harga Rp 15.530 per liter. siap-siap kamu harus merogoh kocek Rp 807.560.

Itu tadi gambaran mengisi penuh tangki bensin Kijang Innova Zenix. Biaya itu akan lebih murah bila kamu tidak mengisinya dari kosong. Supaya tidak terlalu kaget dengan besarnya biaya, kamu bisa mengisi saat isi tangki masih setengah.



Simak Video "Kenapa Pertamax Bisa Lebih Murah Ketimbang Kompetitornya?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT