Gantry Butuh Penyempurnaan, Bayar Tol Tanpa Setop Tetap Berlaku Mulai 2023

ADVERTISEMENT

Gantry Butuh Penyempurnaan, Bayar Tol Tanpa Setop Tetap Berlaku Mulai 2023

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 30 Nov 2022 17:35 WIB
Tiang Sensor Bayar Tol Tanpa Henti di Tol Jagorawi
Tiang Sensor Bayar Tol Tanpa Henti di Tol Jagorawi (Foto: Dok. Jasa Marga)
Jakarta -

Pemerintah masih menyiapkan sistem transaksi tol tanpa berhenti. Rencananya, sistem bayar tol tanpa setop ini diujicoba tahun depan.

Namun, gantry dari sistem pembayaran tol nontunai nirsentuh Multi Lane Free Flow (MLFF) yang telah terpasang di Jalan Tol Jagorawi KM 18+370 arah Ciawi butuh penyempurnaan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, gantry MLFF yang pertama terpasang di Jalan Tol Jagorawi ini menjadi sarana uji coba beragam instrumen yang ada seperti kamera, server dan lainnya.

"Setelah dilakukan pengamatan dan evaluasi perlu dilakukan penyempurnaan kembali untuk peralatan pendukungnya sebelum nantinya siap diuji cobakan kepada pengguna Jalan Tol secara langsung," kata Danang.

Menurutnya, dilakukannya penyempurnaan perlengkapan gantry ini telah melalui proses evaluasi oleh para tim ahli,tim BPJT, konsultan independen, dan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) sebagai badan usaha pelaksana sistem transaksi tol MLFF.

Setelah gantry di Tol Jagorawi, gantry uji coba di jalan tol JORR S KM33+635, selanjutnya juga akan dilakukan penyempurnaan. Meski begitu, Danang menegaskan rencana penerapan sistem bayar tol tanpa berhenti tetap sesuai jadwal.

"Semua tetap sesuai target pelaksanaan yakni pada tahun 2023 sistem tol MLFF akan mulai diujicobakan di beberapa ruas tol. Kemudian setelah kedua tiang gantry tersebut disempurnakan, akan jadi benchmark (pembanding) untuk pembuatan gantry-gantry lainnya," ujarnya.

Beberapa instrumen yang akan dipasang pada gantry antara lain kamera dengan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent(AI) yang berbasis perangkat lunak, Central Processing Unit(CPU) dan sebagainya. Untuk dapat melakukan penyesuaian tersebut maka akan dilakukan proses pemasangan ulang gantry.



Simak Video "Bayar Tol Akan Pakai HP, Bagaimana Kalau Tidak Punya?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT