Kaca Film untuk Kendaraan Listrik Kini Sudah Dijual, Apa Bedanya?

ADVERTISEMENT

Kaca Film untuk Kendaraan Listrik Kini Sudah Dijual, Apa Bedanya?

Tim detikOto - detikOto
Selasa, 29 Nov 2022 15:21 WIB
Kaca film ICE-µ Sky Blue RT70 Series khusus kendaraan ramah lingkungan.
Kaca film khusus mobil listrik Foto: dok. ICE-µ
Jakarta -

Maraknya pilihan kendaraan ramah lingkungan seperti mobil listrik dan hybrid memang menarik untuk disimak, karena selain menjadi pilihan baru bagi pencinta otomotif, kendaraan ramah lingkungan digadang-gadang bakal menjadi kendaraan masa depan.

Kali ini, pilihan baru kaca film khusus untuk kendaraan ramah lingkungan juga sudah mulai diperkenalkan. Seperti kaca film yang diperkenalkan oleh ICE-µ, kaca film khusus untuk kendaraan ramah lingkungan ini disapa Sky Blue RT70 Series, seperti dalam siaran resmi yang diterima detikOto.

Produsen kaca film ICE-µ asal Jepang yang satu ini melihat adanya perbedaan kebutuhan kaca film antara mobil konvensional dan mobil listrik atau kendaraan ramah lingkungan. Dijelaskan, ICE-µ Sky Blue RT70 Series merupakan produk terbaru dari ICE-µ Premium Window Film yang dikembangkan selama satu tahun terakhir untuk dapat menghasilkan produk berkualitas untuk mendukung teknologi kendaraan ramah lingkungan.

Karakteristik warna yang bening dan berwarna kebiru-biruan seakan menjadi simbol teknologi ramah lingkungan yang dimilikinya. Seperti yang disampaikan Presiden Direktur PT Global Auto International (GAI), agen pemegang merek ICE-µ Premium Window Film, Andi Setiawan.

"Target pemerintah Indonesia yang ingin mencapai carbon netral di tahun 2060, salah satunya adalah dengan mendorong percepatan penggunaan mobil berteknologi elektrifikasi. Karenanya, beberapa APM kini sudah mulai menjual model mobil listrik di Indonesia. Hal inilah yang mendorong kami untuk memperkenalkan produk kaca film baru yang dapat turut mendukung perkembangan teknologi mobil listrik ini," ujar Andi.

"Produk ini memiliki keunggulan dalam hal karakteristik warna clear namun memiliki kemampuan tolak panas yang tinggi, tanpa mengandung bahan metal. Hal ini juga sekaligus mendukung keramahan kaca film ini terhadap sinyal ponsel untuk mendukung perkembangan teknologi otomotif masa depan," Andi menambahkan.

Kaca film ICE-µ Sky Blue RT70 Series khusus kendaraan ramah lingkungan.Kaca film ICE-µ Sky Blue RT70 Series khusus kendaraan ramah lingkungan. Foto: dok. ICE-µ

Andi menambahkan penamaan produk ICE-µ Sky Blue RT70 Series juga sangat terkait dengan warna kaca film ini yang memang tampil kebiru-biruan. Kesan visual ini memberikan kesan yang sejuk bagi mobil, serta terinspirasi dari konsep blue energy, efisiensi dan clean energy.

ICE-µ Sky Blue RT70 Series dikatakan termasuk dalam kategori Premium Window Film, dengan memiliki 3 teknologi inti yaitu Optical Technology, Coating Technology dan Material Application Technology. Optical Technology mengaplikasikan prinsip kerja optik mesin fotocopy pada kaca film ICE-µ digunakan untuk mencapai target Infra Red Rejection (daya tolak sinar inframerah).

Sementara Coating Technology mengaplikasikan teknologi terkini dari metode nano-coating presisi tinggi. Terakhir, Material Application Technology menerapkan sejumlah teknologi dalam penggunaan material photosensitive yang dapat meningkatkan kualitas, daya tahan, sensitivitas dan produktivitas.

Teknologi yang digunakan pada ICE-µ Premium Window Film memberikan beberapa keunggulan yaitu, tak mengintervensi sinyal elektronik seperti yang diperlukan ponsel atau navigasi GPS, mengurangi suhu dalam kabin, menahan sinar ultra violet (UV) yang berbahaya serta ramah lingkungan. Dengan kemampuannya menahan panas yang dipancarkan sinar matahari, maka dapat mengurangi kebutuhan penggunaan penyejuk kabin (AC), hal ini menjadikan pemakaian bahan bakar lebih hemat dan lebih ramah lingkungan.

Sebagai catatan saat ini kaca film ICE-µ kerap dipilih sebagai kaca film Original Equioment Manufacturer (OEM) mobil di Indonesia. Dimulai dari Mitsubishi yang memperkenalkan ICE-µ Premium Window Film sebagai kaca film bagi Mitsubishi Xpander, pada tahun 2017 lalu.

Kemudian di 2021, ICE-µ menjadi andalan APM Mazda di Indonesia untuk semua produknya. Di tahun 2022, ICE-µ juga mendapat kepercayaan untuk memegang 3 project APM, yaitu Honda WRV (PT Honda Prospect Motor), Wuling Air ev (PT SGMW Motor Indonesia), hingga yang terkini adalah Volvo Cars yang baru kembali ke Indonesia oleh PT Leading Vision Otomotif. Sehingga total project yang dipegang oleh ICE-µ adalah sebanyak 5 APM.

Kaca film ICE-µ Sky Blue RT70 Series khusus kendaraan ramah lingkungan.Kaca film ICE-µ Sky Blue RT70 Series khusus kendaraan ramah lingkungan. Foto: dok. ICE-µ

"Kami yakin, dengan keunggulan teknologi yang kami miliki, ICE-µ Premium Window Film dapat selalu memberikan perlindungan dan kepuasan bagi pemilik mobil di Tanah Air. Apalagi dengan produk ICE-µ Sky Blue RT70 Series, dapat memberikan pilihan bagi pemilik mobil listrik untuk mempertegas tampilan yang lebih bersih dan berkesan ramah lingkungan dengan karakteristik yang ditawarkan oleh kaca film ini," kata Andi.

Kaca film ini dapat dipasang tak hanya untuk mobil elektrifikasi saja, tapi juga mobil-mobil pada umumnya dengan kisaran biaya pasang di kisaran Rp 2,5 juta hingga Rp 8 juta, termasuk garansi selama 5 tahun. Informasi produk ICE-µ Premium Window Film lebih lengkap dapat diketahui melalui website dan social media ICE-µ Premium Window Film.



Simak Video "Ngecas Mobil Listrik 30 Menit di Rest Area, Dapat Berapa Persen?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT