Kalau 'Benteng Berjalan' Joe Biden Jadi Dibawa ke Indonesia, Diangkut Pakai Apa?

ADVERTISEMENT

Kalau 'Benteng Berjalan' Joe Biden Jadi Dibawa ke Indonesia, Diangkut Pakai Apa?

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 09 Nov 2022 17:05 WIB
mobil kepresidenan AS diangkut pakai pesawat kargo C-17
'The Beast' diangkut pakai pesawat Air Force C-17. Foto: Secret Service
Jakarta -

Bukan rahasia lagi kalau mobil kepresidenan Amerika berjuluk 'The Beast' kerap menemani perjalanan orang nomor satu di Negeri Paman Sam itu. Dalam beberapa kunjungan kenegaraan, mobil berlapis baja tersebut ikut diangkut Secret Service.

Kabarnya, 'The Beast' juga bakal diangkut ke Bali saat Presiden Amerika Serikat Joe Biden menghadiri KTT G20 pada 15-16 November 2022. Kendati demikian, pemerintah menyebut akan melakukan negosiasi terkait besarnya jumlah delegasi yang dibawa.

"Kalau kita lihat (G20) di Italia, misalnya, Amerika itu membawa panjang sekali. Kita juga akan menyampaikan tidak mungkin mengizinkan sebanyak itu yang akan ada di sini. Tentu jumlahnya akan kita batasi juga, karena ada sekian banyak yang lain yang harus kita fasilitasi juga, untuk parking, untuk melintas di jalan raya, kalau negara besar akan menginginkan membawa sekian banyak, pasti ada negosiasi jumlahnya," ungkap Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama dalam konferensi pers.

Untuk menemani presiden AS bertugas, 'The Beast' memang kerap dibawa kemanapun. Boleh dibilang, keamanan yang ditawarkan 'The Beast' belum dimiliki oleh mobil kepresidenan lainnya. Dengan alasan keamanan tersebut, maka tidak heran kalau 'The Beast' sampai harus ikut berkunjung ke banyak negara. Lalu bagaimana cara mengangkutnya? Mengingat mobil itu punya bobot yang besar dan rombongan cukup banyak.

Secret Service dalam akun Twitternya pernah mengunggah foto ketika mobil itu diangkut menggunakan pesawat Boeing C-17 Globemaster disela-sela kunjungan mantan Presiden AS Donald Trump ke kawasan Asia pada 2017 silam. Di dalam laman resmi Secret Service juga terlihat prosesi 'The Beast' diangkut ke pesawat kargo C-17.

Mobil beserta pasukan pengamannya diangkut menggunakan pesawat C-17 Globemaster. Terlihat ada beberapa mobil berjajar rapi di dalam kargo pesawat itu.

"Setiap kendaraan dilengkapi dengan berbagai peralatan untuk memberikan perlindungan sepanjang perjalanan. Untuk mengimbangi kebutuhan keamanan di tengah perkembangan teknologi, Secret Service juga beradaptasi mengembangkan limusin tersebut sesuai dengan pertimbangan keamanan," tulis Secret Service dalam laman resminya.



Simak Video "'The Beast' Tunggangan Joe Biden Selama KTT G20 Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT