Jangan Takut Ujian SIM Gagal Lagi, Polisi Buka Bimbel Gratis

ADVERTISEMENT

Jangan Takut Ujian SIM Gagal Lagi, Polisi Buka Bimbel Gratis

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 06 Nov 2022 10:15 WIB
Di tengah pandemi COVID-19, ujian praktek pembuatan SIM di Satpas Daan Mogot, tetap dilakukan. Ujian dilakukan dengan protokol kesehatan.
Ilustrasi ujian SIM. Pemohon SIM berkesempatan mendapatkan bimbingan belajar (bimble) gratis agar lulus ujian SIM (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom).
Jakarta -

Ujian untuk mendapatkan surat izin mengemudi (SIM) terkadang dianggap sulit. Tapi tenang saja, kini kepolisian telah membuka bimbingan belajar (bimbel) gratis untuk pemohon SIM.

Bimbel gratis untuk pemohon SIM ini dibuka di Polres Pringsewu, Lampung. Kasat Lantas Polres Pringsewu Iptu Khoirul Bahri mengatakan, pihaknya membuka bimbel gratis bagi pemohon SIM baru. Ini untuk mempermudah pemohon SIM agar bisa lulus ujian SIM.

"Untuk mempermudah masyarakat dalam memiliki SIM dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku maka kami membuka layanan bimbel gratis ini," ujar Khoirul dikutip situs Korlantas Polri.

Menurutnya, bimbel gratis ini berlaku untuk siapa saja yang mau membuat SIM. Jadi, tidak hanya pemohon SIM yang gagal ujian yang diberikan bimbel gratis.

Bimbel gratis untuk ujian SIM di Polres Pringsewu dibuka tiap Senin sampai Sabtu pukul 13.00-15.00 WIB. Bimbel gratis ini diadakan di kantor SATPAS 2539 Polres Pringsewu di Jalan Veteran Nomor 45 Pringsewu.

Dengan adanya program ini, Khoirul yakin akan memperbesar kesempatan para pemohon SIM yang gagal untuk lulus ujian teori maupun praktik. Bimbel gratis diberikan untuk pemohon SIM A dan SIM C.

"Agar masyarakat juga mengetahui tata cara berlalu lintas dengan baik serta tetap mengutamakan keselamatan berkendara," katanya.

Sementara itu di Jakarta, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya juga menyediakan kesempatan untuk latihan ujian SIM. Melalui akun twitter resmi TMC Polda Metro Jaya, diumumkan bahwa Satpas Ditlantas Polda Metro Jaya memberikan kesempatan untuk latihan ujian SIM. Latihan ujian SIM ini bisa dilakukan di Lapangan Uji Praktik Satpas Polda Metro Jaya, Daan Mogot, Jakarta Barat.

Satpas Ditlantas Polda Metro Jaya memberikan kesempatan bagi pemohon SIM kendaraan roda dua dan roda empat untuk melaksanakan latihan uji praktik mandiri. Pemohon SIM bisa menggunakan kendaraan pribadinya.

Adapun kesempatan latihan ujian praktik SIM ini dilaksanakan setiap hari Minggu pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 11.30 WIB. Latihan ujian praktik libur jika lapangan uji praktik digunakan untuk kedinasan, hari besar dan libur nasional. Dan yang paling penting, latihan ujian SIM ini tidak dipungut biaya alias gratis.



Simak Video "Korlantas Bakal Sebar Buku Ujian SIM ke Sekolah-Perpustakaan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/mhg)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT