Mengintip Spesifikasi dan Harga Mobil Sport Berpelat 'RFD'

ADVERTISEMENT

Mengintip Spesifikasi dan Harga Mobil Sport Berpelat 'RFD'

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 04 Nov 2022 19:35 WIB
Seorang pengguna Twitter mengunggah foto mobil sport merah berpelat RFD.
Ford Mustang berpelat RFD. Foto: Tangkapan layar Twitter @cassianissafira
Jakarta -

Mobil sport berkelir merah menghebohkan jagat dunia maya. Pasalnya di mobil itu terpasang pelat 'RFD'. Pelat nomor berkode 'RF' seperti 'RFD' sendiri umumnya digunakan pada mobil dinas.

Penggunaan pelat 'RF' juga tidak sembarangan melainkan diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 3 tahun 2012 tentang Penerbitan Rekomendasi Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Khusus dan Rahasia Bagi Kendaraan Bermotor Dinas.

"Sekarang ini semua pelat nomor, termasuk RFD, yang berwenang mengeluarkan adalah Ditlantas Polda Metro Jaya," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen Hamim Tohari dikutip detiknews.

Dari foto yang diunggah salah satu pengguna Twitter, mobil sport yang terpasang pelat 'RFD' adalah Ford Mustang. Namun sulit diketahui dengan pasti tipenya karena foto hanya tersedia dari sisi samping. Mengutip laman resmi Ford, ada 10 tipe Mustang yang ditawarkan antara lain Ecoboost, GT Premium, GT 2dr Coupe, dan beberapa model lainnya.

Setidaknya ada dua pilihan mesin yang ditawarkan yakni 2.4 L empat silinder turbo dan 5.0 L V8. Secara umum, mesin 2.4 L yang tersemat di jantung Ford Mustang mampu menyemburkan tenaga setara 310 daya kuda pada putaran 5.500 rpm dan torsi 350 lb-ft pada putaran 3.000 rpm. Mesinnya dipadukan dengan transmisi manual enam percepatan. Tenaga itu disalurkan melalui sistem penggerak roda belakang.

Sedangkan untuk mesin 5.0 V8 tentu tenaganya lebih besar yakni mencapai 460 daya kuda pada putaran 7.000 rpm. Torsinya mencapai 420 lb-ft pada putaran 4.600 rpm. Transmisinya menggunakan 6 percepatan manual dan tenaga disalurkan melalui roda belakang.

Dari sisi fitur keselamatan Ford Mustang telah dibekali dengan Blind Spot and Lane Departure Warnings Accident Avoidance System, Pre-Collision Safety System, Post-Collision Safety System, Stability Control, Traction Control, ABS di keempat roda, Tire Pressure Monitoring System, Rear View Camera, Rear Parking Sensors, hingga Cruise Control.

Tidak cuma itu, di dalam pengendara dan penumpang akan dimanjakan dengan berbagai sistem hiburan di dalam mobil seperti radio AM/FM, radio satelit, Aux audio input dan juga USB.

Soal harga, mobil sport asal Negeri Paman Sam itu bisa dipinang dengan menyiapkan mahar mulai dari 27.470 sampai 79.420 dolar. Kalau dirupiahkan, harga Ford Mustang berkisar Rp 432 jutaan sampai yang termahal Rp 1,2 miliaran. Harga itu berlaku di Amerika Serikat. Kalau diboyong ke Indonesia tentu harganya bisa lebih mahal karena ada pajak yang harus dibayarkan.



Simak Video "Pelat RF Tak Lagi Nopol 'Sakti' Polisi Siapkan Kode Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT