PO Sumber Alam Punya Bus Jadul, Bisa Disewa buat Prewedding sampai Main Film

ADVERTISEMENT

PO Sumber Alam Punya Bus Jadul, Bisa Disewa buat Prewedding sampai Main Film

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 10 Okt 2022 08:08 WIB
Bus klasik PO Sumber Alam
Bus klasik PO Sumber Alam. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

PO Sumber Alam menjadi salah satu peserta di pameran Busworld Southeast Asia 2022 di arena JIExpo Kemayoran, Jakarta (5-7/10/2022). Yang menarik, perusahaan otobus asal Purworejo, Jawa Tengah, ini membawa dua unit bus klasik di pameran tersebut. Apakah kedua bus jadul itu masih berfungsi?

Adapun dua model bus klasik tersebut adalah Mitsubishi Fuso R Series 470 buatan 1963 dan Dodge D Series tahun 1970-an yang punya ciri khas bonnet di area depan.

Bus klasik PO Sumber AlamBus klasik PO Sumber Alam Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Menurut pemilik PO Sumber Alam, Anthony Steven Hambali, bus model Fuso masih full original, sedangkan Dodge D sudah dimodifikasi, di mana mesin dan kaki-kaki sudah diganti dengan merek Mercedes-Benz.

"Kedua bus jadul itu sekarang ya buat lokalan aja, kalau ada orang mau sewa buat wisata sejarah di Purworejo. Terus bisa juga buat pre-wedding, properti buat pembuatan film. Ini sudah dipakai beberapa kali untuk pembuatan film, yang Fuso di Gundala, Dodge main di Si Manis Jembatan Ancol sama Srimulat," bilang Anthony melalui sambungan telepon kepada detikOto.

Lanjut Anthony menambahkan, biaya sewa kedua bus jadul tersebut mulai dari Rp 500 ribu untuk di lokalan, hingga jutaan rupiah jika ingin menyewa pakai sistem harian.

"Kalau sewa untuk lokalan di Kutoarjo ya mulai Rp 500 ribuan. Tapi tergantung jarak juga, misalnya disewa harian bisa juga sekitar Rp 3 jutaan. Sewa luar kota juga masih berani," sambung Anthony.

Bicara kapasitas penumpang, untuk bus Dodge kapasitasnya sekitar 12 kursi atau bisa dimaksimalkan hingga 24 penumpang. Sementara untuk Mitsubishi Fuso, kapasitasnya sekitar 17 kursi.



Simak Video "Nostalgia Bersama Dua Bus Klasik Sumber Alam"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT