Touring Bareng Prediksi, Soleh Solihun Ungkap SIM Indonesia Bisa Dipakai di AS

ADVERTISEMENT

Touring Bareng Prediksi, Soleh Solihun Ungkap SIM Indonesia Bisa Dipakai di AS

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 07 Okt 2022 20:10 WIB
Jakarta -

Komika Soleh Solihun bercerita pengalamannya touring di Amerika Serikat bareng The Prediksi. Salah satu yang diungkapkan Soleh Solihun adalah soal Surat Izin Mengemudi (SIM).

Ternyata, SIM Indonesia diakui juga di Amerika Serikat. Tanpa SIM Internasional, Soleh Solihun mengaku touring di Amerika Serikat menggunakan SIM Indonesia.

"SIM kita biasa. Waktu saya beberapa bulan lalu sewa mobil juga SIM-nya SIM A biasa. Kan peraturannya itu cuma, kalau yang mobil yah, ada tulisan asal SIM kita ada ada tulisan bahasa Inggrisnya. SIM Indonesia kan ada," kata Soleh Solihun dalam wawancara dengan detikOto dalam program Otogeek.

"Nah kemarin pas motor juga gitu. Nanti kita masukin biodata, ada selfie sama SIM, nanti sama dia verifikasi, 'Oh boleh nih nyewa.' Kayaknya dia udah ngecek nih, kalau SIM C di Indonesia, itu SIM motor. Nggak perlu pakai SIM Internasional," ucapnya.

Sebenarnya untuk berkendara di jalan raya luar negeri, sudah ada SIM Internasional. SIM Internasional berlaku di negara-negara yang menerbitkan SIM Internasional tersebut. SIM Internasional berlaku di 92 negara yang mematuhi/mengakui, menandatangani, mensukseskan dan meratifikasi Konvensi Wina Tahun 1968.

SIM Internasional yang diterbitkan Korlantas Polri juga diakui di Amerika Serikat.Jadi, kamu nggak perlu bikin SIM lokal di sana kalau mau berkendara di AS.

Pengalaman kami saat touring motor di California, Amerika Serikat, pada 2018 lalu, kami tetap diminta untuk membuat dan membawa SIM Internasional. SIM Internasional ini diperlukan untuk jaga-jaga agar tetap diizinkan mengendarai motor di sana. Walaupun, selama riding dua hari di jalanan California, kami tidak pernah diminta untuk menunjukkan SIM Internasional oleh petugas.

[Gambas:Youtube]



Aturan SIM Indonesia di Amerika Serikat

Dikutip dari situs resmi pemerintah Amerika Serikat, orang-orang yang ingin mengemudi di AS harus memiliki SIM yang valid. Beberapa negara bagian di AS mengharuskan memiliki SIM Internasional dan SIM dari negara asal yang valid. Namun, beberapa negara bagian lainnya membolehkan menggunakan SIM dari negara asal.

Contohnya di California, warga negara asing tak perlu menggunakan SIM Internasional di sana selama mereka berusia minimal 18 tahun, SIM dari negara asal valid, serta SIM mencakup jenis kendaraan yang dikendarai di California. Namun, beberapa agen penyewaan kendaraan mungkin memerlukan SIM Internasional atau International Driving Permit (IDP).

"Anda mungkin memerlukan SIM dan IDP untuk menyewa mobil di AS. Jika Anda berencana untuk menyewanya, cari tahu kebijakan perusahaan persewaan dan persyaratan lainnya terlebih dahulu," tulis situs resmi pemerintah Amerika Serikat.

Di negara bagian California, memang pengendara masih bisa menggunakan SIM dari negara asal. Syaratnya yang penting SIM tersebut valid dan kamu sudah cukup umur untuk berkendara.

"Pengunjung berusia di atas 18 tahun dengan SIM yang valid dari negara bagian atau negara asal mereka dapat mengemudi di California tanpa mendapatkan SIM California selama SIM negara bagian atau negara asal mereka valid," demikian dikutip dari situs resmi Department of Motor Vehicles (DMV) State of California.

Begitu juga di New York. Di Negara Bagian New York, kamu bisa berkendara dengan SIM yang valid dari negara asal. Namun, lebih baik melengkapi dokumen perjalanan berupa SIM Internasional biar aman.

"Anda tidak perlu mengajukan permohonan SIM Negara Bagian New York kecuali jika Anda menjadi penduduk Negara Bagian New York," demikian dikutip situs resmi DMV New York.

"Jika Anda memiliki SIM dari negara lain, Anda tidak perlu memiliki Izin Mengemudi Internasional, tetapi ini sangat membantu. SIM (internasional) tersebut memverifikasi dalam beberapa bahasa bahwa Anda memiliki SIM yang valid. Petugas polisi yang tidak dapat membaca bahasa pada SIM asing Anda akan dapat membaca SIM tersebut. Hubungi pihak berwenang di negara asal Anda untuk mendapatkan Izin Mengemudi Internasional," tulisnya.

Sementara di Texas beda lagi. SIM asing yang valid dan belum kedaluwarsa bisa digunakan untuk mengoperasikan kendaraan bermotor di Texas hingga satu tahun atau sampai seseorang itu menjadi penduduk Texas (mana yang lebih dulu). Jika sudah menjadi penduduk Texas, mereka harus mengajukan SIM dalam waktu 90 hari untuk bisa berkendara secara legal.

(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT