ADVERTISEMENT

Viral Tesla Jadi Korban Banjir Jakarta, Apa Jadinya Jika Mobil Listrik Terendam?

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Jumat, 07 Okt 2022 10:12 WIB
Tesla Terendam Banjir di Jakarta
Mobil listrik Tesla terendam banjir di Jakarta (Foto: Instagram @jktinfo)
Jakarta -

Dalam beberapa hari terakhir, DKI Jakarta dan sekitarnya terus-terusan diguyur hujan. Hasilnya, sejumlah titik di Ibu Kota tergenang banjir hingga 'menenggelamkan' mobil-mobil yang tengah terparkir. Salah satunya mobil listrik Tesla di Cilandak, Jakarta Selatan.

Melalui video singkat yang dibagikan akun Instagram @jktinfo, terlihat mobil listrik Tesla berkelir biru terendam hingga separuh kendaraan. Tak jelas kendaraan tersebut model apa, namun jika diperhatikan dari headlamp dan bagian atapnya, itu merupakan Tesla Model Y yang banderolnya miliaran rupiah.

"Pantauan di TB Simatupang depan gedung JGC. Harap gunakan jalur alternatif," tulis akun tersebut, dikutip detikOto, Kamis (6/10/2022).

Melihat pemandangan unik itu, banyak warganet yang mempertanyakan kondisi kendaraan. Mereka yang penasaran lantas bertanya-tanya: apakah baterainya korslet? Benarkah mesinnya mati dan tak bisa lagi bekerja?

Nah, biar para warganet dan pembaca detikOto tak penasaran lagi, yuk simak ulasan kami mengenai nasib mobil listrik yang habis terendam banjir.

Nasib Mobil Listrik Terendam Banjir

Dikutip dari Insideevs, Chief Executive Officer (CEO) Tesla, Elon Musk pernah bicara mengenai mobil Tesla yang dipakai menerjang banjir. Menurutnya, kendaraan canggih tersebut aman saat melalui genangan air. Namun, tetap saja, tak baik jika dilakukan terlalu sering.

"Kami sebenarnya tidak terlalu merekomendasikan itu (mobil Tesla menerjang banjir). Tapi memang untuk periode pendek mobil tersebut bekerja cukup baik," ujar Elon Musk.

Di beberapa kesempatan, mobil Tesla memang kerap digunakan untuk menerjang genangan banjir. Seringnya, kendaraan tersebut aman-aman saja, alias tak korslet atau mati di tengah jalan. Bahkan, di pabrik Gigafactory Tesla di Shanghai China, ada pengetesan khusus untuk menguji kemampuan tersebut.

Sementara menurut Service Manager Auto2000 Cilandak, Suparna, komponen mesin dan baterai di mobil listrik sejatinya sudah diproteksi dengan ketat. Sehingga, aman dari paparan air. Namun, tetap saja, terlalu sering dipakai menerabas genangan efeknya tak baik.

"Baterainya sudah diproteksi. Tetap aman meski baterai sendiri biasanya letaknya di bagian floor (lantai). Termasuk juga connector-connector-nya, sistem kontrol, inverter pengubah arus DC ke AC itu sudah diproteksi dan diletakkan di tempat aman," ungkap Suparna kepada detikOto belum lama ini.

Bahkan, menurutnya, risiko yang terjadi pada mobil listrik saat sering dipakai banjir-banjiran tak berbeda jauh dengan mobil bertenaga bensin.

"Jadi sebetulnya kalau sama-sama ngelewati genangan, itu risikonya nggak terlalu jauh beda (dengan mobil internal combustion engine)," kata dia.



Simak Video "Wuling Air ev Masih Kemahalan, Harga Mobil Listrik Rakyat Harusnya Segini"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT