Bisa Jaring Pelanggar, Awas Lemahnya Pengawasan Bodycam di Seragam Polisi

ADVERTISEMENT

Bisa Jaring Pelanggar, Awas Lemahnya Pengawasan Bodycam di Seragam Polisi

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 29 Sep 2022 14:41 WIB
Seragam PDL yang baru ini merupakan modifikasi dari seragam yang dulu
Seragam Polantas Foto: Istimewa
Jakarta -

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi memperbarui Pakaian Dinas Lapangan (PDL) 1. Ada sejumlah perubahan pada desain PDL terbaru. Antara lain atribut yang terbuat dari bordir, memiliki kaitan HT dan bodycam, serta berbahan reflector sehingga bisa terlihat dari jauh dan eye catching.

"Kami melihat perlu ada penyesuaian. Seragam PDL yang baru ini merupakan modifikasi dari seragam yang dulu," ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi dalam keterangannya dikutip Kamis (29/9/2022).

Lebih lanjut dikutip dari laman Humas.polri.go.id bodycam yang berada di pakaian dinas polantas nantinya akan digunakan personel saat melaksanakan tugas di Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (Unit Turjawali). Selain itu, bodycam tersebut juga nantinya akan terintegrasi dengan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

"(Bodycam) Akan terintegrasi dengan ETLE atau dalam penindakan pelanggar lalu lintas sehingga mengurangi petugas kontak langsung dengan pelanggar yang rawan menimbulkan perdebatan atau peluang penyimpangan lainnya," sebut Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Nurul Azizah.

Bodycam akan dipasang di seragam polantas Polda Metro Jaya.Bodycam Foto: Bodycam akan dipasang di seragam polantas Polda Metro Jaya. (Wildan-detikcom)

Pemerhati masalah transportasi dan hukum, Budiyanto menyoroti inovasi bodycam yang dilakukan Korlantas Polri. Menurutnya alat secanggih apapun semua akan kembali kepada manusianya sehingga perlu diimbangi atau dibangun suatu sistem kontrol atau pengawasan yang memadai.

"Mengapa demikian? Karena apabila ada oknum yang kurang bertanggung jawab bisa saja alat tersebut dimatikan supaya tidak terkoneksi dengan E-TLE atau Back Office sehingga tidak terpantau," kata Budiyanto.

"Sistem pengawasan yang dibangun perlu dikombinasi antara pengawasan yang dibangun dengan bantuan teknologi maupun pengawasan secara langsung di lapangan secara berjenjang. Kelemahan manajemen operasional dalam bidang apa pun pada umumnya terletak pada bidang kontrol atau pengawasan," sambung dia.



Simak Video "Beragam Pendapat Masyarakat soal Dihapuskannya Tilang Manual"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT