Rencana Polisi Terbitkan BPKB Elektronik Mulai Tahun Ini

ADVERTISEMENT

Rencana Polisi Terbitkan BPKB Elektronik Mulai Tahun Ini

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 27 Sep 2022 12:39 WIB
Buku Pemilik Kendaraan Bermotor
Foto: Korlantas Polri akan menerbitkan BPKB elektronik (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menerbitkan buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB) elektronik. Saat ini, pihak Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korlantas Polri sedang mengembangkan BPKB elektronik tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus. Dia bilang, BPKB elektronik nantinya lebih simpel dan lebih mudah. BPKB elektronik itu juga akan terintegrasi dengan single data Korlantas Polri. Data dalam BPKB elektronik pun lengkap.

"BPKB baru kita akan upayakan untuk tahun ini. Memang kita gunakan ada teknologi chip di situ untuk bisa tahu, di dalamnya ada history kendaraan dan semua," kata Yusri dikutip Korlantas Polri.

BPKB elektronik ini, kata Yusri, juga akan memudahkan masyarakat. Pengurusan BPKB tidak memakan waktu lama lagi. Bahkan, cukup sehari sudah selesai.

"Misalnya BPKB mutasi kendaraan itu tidak lagi selamanya 1-2 bulan, cukup satu hari saja sudah bisa cepat dengan harga PNBP," ucap Yusri.

Lebih lanjut Yusri menegaskan, BPKB baru nantinya akan terintegrasi dengan stakeholder seperti finance, bank dan pegadaian.

Dengan BPKB elektronik, Yusri mengklaim tidak akan ada lagi oknum-oknum nakal yang memalsukan atau menduplikat BPKB. Sebab, banyak ditemukan kendaraan masih kredit tapi dijual dengan BPKB duplikat.

"Nantinya ini akan menghilangkan modus-modus, masyarakat banyak yang nakal. Dia masih cicilan tapi dia bikin lagi duplikat BPKB dijual lagi. Ini sudah kita pikirkan bagaimana kita munculkan satu aplikasi untuk bisa terkolaborasi dengan beberapa stakeholder terkait. Ya ini kita sudah arahkan ke single data semuanya," kata Yusri.



Simak Video "Asyik! Sebentar Lagi Polri Terbitkan BPKB Elektronik"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT