ADVERTISEMENT

Kacau! Data Registrasi Mobil-Motor RI Diduga Bocor, Dijual di Forum Internet

Tim detikOto - detikOto
Kamis, 22 Sep 2022 10:07 WIB
Penjualan mobil bekas saat ini mulai mengalami peningkatan penjualan.  Salah seprang penjual mobil bekas mengaku dalam 2 bulan terakhir permintaan meningkat.
Puluhan juta data resgistrasi kendaraan di Indonesia diklaim bocor dan dijual secara online (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Heboh soal lemahnya data digital di Indonesia kini ikut menyeret para konsumen otomotif. Pada salah satu forum internet, ada akun yang menjual data registrasi pemilik motor dan mobil di Indonesia.

Dilihat detikoto pada Rabu (21/9), akun penjual data pembeli/pemilik kendaraan di Indonesia itu memakai username OKE. Dia mengklaim memiliki sebanyak 36 juta registrasi kendaraan di Indonesia untuk periode tahun 2000 sampai 2021.

"SELLING Indonesia 36M Car Data From 2021," demikian postingan OKE yang tercatat dipublish pada 1 September 2022

"Perkenalan: Data ini berisi informasi seluruh data registrasi mobil di Indonesia."

"Database ini termasuk semua kendaraan yang terdaftar sejak 2000 sampai 2021. Sepanjang mereka kendaraan di Indonesia, seluruh catatannya termasuk," tulis si pemilik akun.

Lebih gila lagi, detikers, ternyata data penjualan mobil dan motor ini menunjukkan nomor rangka kendaraan. Tercatat dari mobil komersial Suzuki Carry hingga mobil penumpang Alphard pun tercatat dan diperjualbelikan.

Si pemilik akun penjual data tersebut mengklaim dirinya menjadi orang pertama yang memiliki data registrasi mobil-motor Indonesia tersebut.

Penjualan mobil terus tumbuh seiring dengan meningkatnya perekonomian Indonesia Hal ini juga berlaku untuk penjualan mobil bekas.Ilustrasi penjualan mobil terus tumbuh seiring dengan meningkatnya perekonomian Indonesia Hal ini juga berlaku untuk penjualan mobil bekas. Foto: Grandyos Zafna

Tapi siapa ya kira-kira yang mau beli data konsumen seperti ini? DetikOto pun terus mencari tahu ke beberapa pabrikan otomotif untuk mencoba mengonfirmasi dan meminta tanggapan namun belum mendapat jawaban. Meski demikian sudah seharusnya data konsumen seperti ini tidak bocor begitu saja.

Ini bukan kali pertama terjadi kebocoran data publik di Indonesia yang kemudian dijual di forum-forum online. Sebelumnya sebanyak 102 juta data penduduk RI juga diklaim bocor, di mana kebocoran diduga terjadi dari Kemensos. Ada juga klaim kebocoran data registrasi SIM Card prabayar yang diduga dilakukan oleh hacker bjorka.

Bahkan juga telah muncul klaim kebocoran data KPU, yang beirisi 105 juta data penduduk Indonesia, serta dugaan kebocoran data dokumen rahasia Presiden Republik Indonesia.



Simak Video "Ternyata SUV Mewah dari Mazda Ini Masih Bisa Tenggak Pertalite, Lho!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT