Pendaftar BBM Subsidi Tembus 1 Juta, Pertamina Uji Coba QR Code

ADVERTISEMENT

Pendaftar BBM Subsidi Tembus 1 Juta, Pertamina Uji Coba QR Code

- detikOto
Kamis, 01 Sep 2022 19:10 WIB
Aplikasi MyPertamina (dok.Humas Pertamina)
Aplikasi MyPertamina (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Jumlah pendaftar BBM subsidi Pertalite dan Solar terus bertambah. Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) juga mulai uji coba sistem serta operasional di lapangan.

Pertamina mencatat hingga akhir Agustus 2022 sudah lebih dari 1 juta unit kendaraan yang didaftarkan dalam Program Subsidi Tepat. Pengguna didominasi jenis kendaraan Pertalite hampir 70 persen, dan Solar lebih dari 30 persen.

"Dari data tersebut, untuk pengguna Pertalite yang mendaftar masih didominasi oleh pengguna pribadi. Sedangkan untuk Solar komposisinya cukup seimbang antara pengguna pribadi maupun kendaraan umum," kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting dalam keterangannya dikutip Kamis (1/9/2022).

Irto mengatakan pembayaran melalui QR Code yang didapat usai mendaftar belum diterapkan. Sementara pendaftaran sebagai penerima BBM subsidi juga terus dibuka. Pertamina Patra Niaga juga saat ini sedang menguji coba kesiapan verifikasi QR Code di beberapa titik.

"Saat ini pun fokusnya masih pada pendaftaran dan sosialisasi, memastikan kesiapan sistem serta operasional di lapangan sambil terus memantau perkembangan revisi Peraturan Presiden No. 191 Tahun 2014 yang menjadi regulasi acuan penetapan penyaluran BBM bersubsidi," jelas Irto.

Bagi kamu yang belum mendaftar, maka bisa segera mengakses laman subsiditepat.mypertamina.id. Kamu nanti akan diminta untuk mengunggah sejumlah dokumen untuk kemudian mendapatkan QR Code yang nantinya digunakan bertransaksi.

Dokumen yang diunggah ini berbeda, tergantung dari jenis kendaraan yang didaftarkan. Khusus untuk mobil pribadi, dokumen yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

1. Foto KTP
2. Foto Diri
3. Foto STNK Depan dan belakang (dibuka)
4. Foto KIR
5. Foto kendaraan tampak semua
6. Foto nomor polisi kendaraan

Berbeda dengan kendaraan komersial barang atau penumpang, mobil pribadi tidak membutuhkan Foto KIR dan Surat Rekomendasi. Adapun khusus surat rekomendasi itu hanya dibutuhkan bagi pengguna Pertalite dan solar subsidi non kendaraan.

Ada tiga cara untuk melakukan pendaftaran. Cara mendaftar yang pertama bisa melalui website subsiditepat.mypertamina.id secara langsung. Lalu yang kedua, pendaftaran juga dapat diakses melalui aplikasi MyPertamina.

Ketiga, untuk mempermudah pendaftaran, bagi masyarakat yang tidak memiliki handphone, dapat datang ke booth pendaftaran yang telah disediakan di SPBU Pertamina. Terdapat petugas yang akan membantu masyarakat mendaftar secara langsung.

"Selain mendorong masyarakat mendaftar, kami juga memastikan proses verifikasi berjalan dengan maksimal sehingga prosesnya bisa tepat waktu," lanjut Irto.



Simak Video "Hampir Sejuta Mobil Tak Lolos Pendaftaran MyPertamina"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT