ADVERTISEMENT

Tips Memilih Kaca Film Mobil, Jangan Terlalu Gelap

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 16 Agu 2022 20:22 WIB
Ilustrasi kaca film
Ilustrasi kaca film. Foto: Dok. Solar Gard Indonesia
Jakarta -

Kaca film menjadi salah satu aksesori yang wajib diaplikasikan pada mobil agar kabin tidak panas. Dalam memilih kaca mobil, perlu diperhatikan adalah mengenai tingkat kegelapannya. Tujuannya, supaya tidak menyalahi aturan pemerintah.

Sebagai informasi, aturan soal persentase tingkat kegelapan kaca film tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca Pada Kendaraan Bermotor.

Dalam aturan itu tertulis kaca film boleh digunakan asal masih dapat tembus cahaya. Setidaknya persentase penembusan cahaya tidak kurang dari 70 persen. Dalam poin satu (1) dan dua (2) disebutkan:

1. Kendaraan-kendaraan bermotor yang diperlengkapi dengan kaca depan, kaca belakang, dan atau kaca samping, kaca-kaca tersebut harus dibuat dari bahan yang tidak mudah pecah, tembus pandangan dari dua arah (sangat bening) dan tidak boleh mengubah serta mengganggu bentuk-bentuk orang atau benda-benda yang terlihat melalui kaca tersebut;

2. Tanpa mengurangi maksud ketentuan poin 1, boleh dipergunakan kaca berwarna atau kaca yang berlapis bahan berwarna (film coating), asal dapat tembus cahaya dengan prosentase penembusan cahaya tidak kurang dari 70%;

Solar Gard sebagai salah satu merek kaca film di Indonesia turut hadir di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Merek ini memperkenalkan generasi terbaru dari LX Series, yaitu LX 25.

Area & Marketing Department Head PT Solar Gard Indonesia, Petrus Ignasius, mengatakan, LX 25 diluncurkan sebagai produk kaca film flagship, serta dirancang sebagai produk yang memiliki tolak panas terbaik di negara tropis.

"Diproduksi dengan standar kualitas tinggi menggunakan teknologi terkini Multi Layered Sputtering Technology dengan sembilan lapisan metal sputter yang tersusun secara merata, menjadikan kaca film premium ini memiliki ketahanan dan kejernihan sempurna yang dapat memberikan pandangan yang jelas selama berkendara," katanya.

Kaca film ini memiliki tingkat kegelapan 50% dan diklaim bisa menolak panas maksimal sebesar 98% serta tampilan based on black. Kaca film ini disebut cocok bagi menginginkan privasi lebih dan dengan kenyamanan dan tolak panas terbaik.



Simak Video "Penampakan 2 Mobil Teranyar Suzuki di GIIAS 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT