ADVERTISEMENT

Negara Tetangga Wajibkan Dashcam Terpasang di Mobil, Melanggar Didenda

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 10 Agu 2022 09:43 WIB
Dash Camera or car video recorder in vehicle on the way
Filipina bakal wajibkan mobil punya dashcam (Foto: istock)
Jakarta -

Perangkat kamera dasbor atau dashcam yang dipasang untuk merekam perjalanan dinilai cukup dibutuhkan. Bahkan, negara tetangga, Filipina, akan mewajibkan kendaraan roda empat dipasangi dashcam.

Perangkat dashcam ini kerap dibutuhkan saat terjadi kecelakaan hingga kejahatan di jalan raya. Rekaman video dari dashcam bisa dijadikan bukti terkait kecelakaan atau bahkan kejahatan.

Filipina kan mewajibkan penggunaan dashcam di mobil baru. RUU itu diajukan oleh salah satu anggota DPR Filipina Rep. Michael Romero yang bertujuan untuk mewajibkan dashcam di kendaraan.

Dikutip media lokal Autoindustriya, kebijakan itu dikenal sebagai Dashboard Camera Act of the Philippines. Undang-undang tersebut akan mewajibkan pengemudi untuk memasang dasbor aktif di kendaraan mereka. Pengemudi juga tidak akan diizinkan mendaftarkan kendaraannya jika tidak menyertakan kamera dalam mobil. Pemilik kendaraan juga dilarang mengemudi kendaraannya di jalan raya tanpa adanya dashcam.

Undang-undang ini juga akan menyatakan bahwa rekaman dapat diminta dari pemilik oleh salah satu lembaga penegak hukum selama rekaman itu relevan dengan penyelidikan.

Jika pejabat publik atau pegawai pemerintah mengizinkan pendaftaran kendaraan bermotor tanpa dashcam, bisa dipidana dengan pidana penjara paling singkat 2-3 tahun atau denda 20.000 peso (Rp 5 jutaan).

Sementara jika pengendara tidak melengkapi mobilnya dengan dashcam akan didenda 5.000 peso (Rp 1 jutaan) dan SIM-nya akan ditangguhkan selama 30 hari. Itu untuk pelanggaran pertama. Kalau pelanggaran yang sama dilakukan kedua kalinya, dendanya mencapai 10.000 peso (Rp 2 jutaan) dan SIM-nya diblokir selama 6 bulan. Jika masih diulangi untuk ketiga kalinya, dendanya lebih besar lagi hingga 20.000 peso atau Rp 5 jutaanan SIM-nya diblokir selama setahun penuh.

RUU yang diusulkan ini menyoroti kegunaan dashcam untuk meningkatkan kesadaran dan keselamatan di jalan. Jika disetujui, artinya mobil-mobil baru di Filipina sudah harus dilengkapi dashcam dari pabrikan.



Simak Video "Canggih! Polda Jatim Mulai Terapkan ETLE Mobile"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT