ADVERTISEMENT

Sayonara, Toyota Vios Setop Produksi di Indonesia?

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 01 Agu 2022 18:33 WIB
New Toyota Vios 2018
Toyota Vios Foto: dok. Toyota
Jakarta -

Produksi mobil sedan Toyota Vios di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia di Karawang, Jawa Barat disinyalir bakal berhenti. Sebab video perpisahan produksi Toyota Vios di Indonesia itu muncul di jagad media sosial.

Dalam video tersebut terlihat para pekerja membawa potongan kertas yang bertuliskan "Sayonara Vios". Lebih lanjut seorang pria meneriakkan ucapan perpisahan dengan sedan yang sudah dilokalisasi sejak tahun 2013 ini.

"Terimakasih Vios telah menjadi sejarah sukses di plant dua," ujar serorang pria dalam video tersebut.

Bob Azzam, Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) tidak membantah, dan juga enggan berkomentar lebih detail soal kabar penghentian produksi Vios di Indonesia. Ia hanya memastikan distribusi sedan lima penumpang itu masih terjaga.

"Bersama dengan TAM (Toyota Astra Motor) kami memastikan pasokan model Vios untuk konsumen terjaga. Selain itu kami akan memberitahukan kepada teman-teman media pada waktunya," ujar Bob Azam saat dihubungi detikcom, Senin (1/8/2022).

Seperti diketahui proses produksi Vios berlokasi di Pabrik Toyota Karawang 2, Kawasan Industri Karawang Internasional Industrial City (KIIC). Sedan tersebut mulai diproduksi dalam negeri sejak bulan Desember 2013.

Jika melirik data produksi Gaikindo sepanjang Januari - Juni 2022, TMMIN masih memproduksi Vios dengan jumlah mencapai 17.246 unit.

Penghentian produksi Toyota Vios atau Yaris sedan juga sudah dilakukan oleh Toyota India sejak September 2021.

Di sisi lain, rumornya bakal hadir Vios generasi baru. Vios anyar ini kabarnya bakal hadir menggunakan platform yang serupa dengan Avanza, Xenia, hingga Raize. Peluncuran dijadwalkan pada 9 Agustus 2022 di Thailand.

Dari sektor dapur pacunya, Vios anyar akan dibekali dua pilihan mesin yakni mesin konvensional empat silinder berkapasitas 1.2L dan 1.5L hybrid.

Mesin 1.5L hybrid pada Vios terbaru akan meminjam dari Toyota Prius versi Jepang. Mesin tersebut adalah 1.5L Dynamic Force tiga silinder yang mampu menghasilkan tenaga 91 PS dan torsi 120 Nm. Sementara versi mesin konvensional 1.2L disebut hanya akan tersedia untuk pasar Thailand saja.



Simak Video "Pemerintah Adakan Program Diskon PPnBM, Apa Sih Untungnya Buat Negara?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT