ADVERTISEMENT

Mas Wahid Rilis Bus Pariwisata Lagi, Bodi dan Sasis Full Baru

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 01 Agu 2022 13:20 WIB
Bus Pariwisata Pesona milik Mas Wahid dengan bodi Laksana dan sais Hino
Bus Pariwisata Pesona milik Mas Wahid dengan bodi Laksana dan sasis Hino (Foto: Instagram @maswahid)
Jakarta -

Pengusaha transportasi sekaligus Youtuber asal Semarang, Mas Wahid, kembali merilis armada baru untuk bus pariwisatanya. Berbeda dengan unit-unit bus sebelumnya yang menggunakan unit second alias bus bekas, bus pariwisata Pesona Transport Service terbaru milik Mas Wahid ini menggunakan bodi serta sasis yang benar-benar baru.

Bodi bus baru Mas Wahid yang diberi nama Perintis 001 ini menggunakan bodi Laksana Legacy SR2 S Series dengan tipe XHD Prime. Dari sisi eksterior, bus ini tampak elegan dengan warna dasar putih dikombinasi grafis merah di bagian sekat kaca depan, selendang, dan sebagian atap.

Secara umum, bodi XHD Prime buatan Laksana masuk dalam kategori bus dek tinggi (high deck) dengan tinggi bus sekitar 3,89 meter. Bodi bus ini mampu menggunakan berbagai konfigurasi kursi, baik itu 2-2 (47 seats) maupun 2-3 (59 seats). Selain itu, bodi XHD Prime juga bisa dipakai pada bus triple axle.

Bodi bus Laksana Legacy SR2 S Series XHD Prime tersebut kemudian disandingkan dengan sasis besutan Hino. "Pakai RK8 R 260 mas," ungkap Mas Wahid melalui pesan singkat kepada detikOto, Senin (1/8/2022).

Secara spesifikasi, sasis Hino R260 mengusung kapasitas 7.684 cc, 6 silinder, 4 tak, turbocharger, intercooler, dengan profil diameter x langkah 112 mm x 130 mm. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga maksimum 260 PS pada 2.500 rpm dan torsi puncak 745 Nm pada 1.500 rpm.

Bus berbobot total 14.200 kg ini menggunakan mesin belakang dengan sistem transmisi manual. Adapun suspensi bus ini menggunakan Rigid Axle dengan Pegas Daun Semi Elliptic & Rigid Axle dengan Pegas Daun Tapper.

Sebelumnya Mas Wahid memilih bus bekas untuk dijadikan armada bus pariwisatanya. Bus pariwisata pertama Mas Wahid merupakan armada bekas milik Perusahaan Otobus (PO) Haryanto asal Kudus. Bus itu memiliki kode 009 yang sebelumnya digunakan melayani rute Madura-Jakarta.

View this post on Instagram

A post shared by Mas Wahid (@maswahid)



Simak Video "Respons Sandiaga Uno atas Maraknya Kecelakaan Bus Pariwisata"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT