ADVERTISEMENT

3 Faktor Penyebab Rem Truk Blong, Tak Hanya Kesalahan Pengemudi

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 22 Jul 2022 12:36 WIB
Sejumlah Petugas Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) beserta pihak terkait memeriksa kondisi kendaraan truk pengangkut bahan bakar miyak (BBM) yang mengalami kecelakaan di halaman Polres Metro Bekasi Kota, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (19/7/2022). Kecelakaan yang terjadi pada Senin (18/7/2022) lalu di Jalan Transyogi Cibubur dan menewaskan 11 orang tersebut kini kasusnya ditangani Satlantas Polres Metro Bekasi Kota. ANTARA FOTO/Suwandy/hp.
Faktor penyebab rem truk blong. (Foto: ANTARA FOTO/SUWANDY)
Jakarta -

Kepala Hino Total Support Customer Center (HTSCC) Epen Supendi, menjelaskan faktor-faktor yang membuat truk mengalami rem blong. Tak hanya selalu kesalahan pengemudi, rem truk blong juga bisa disebabkan kondisi kendaraan dan faktor lingkungan.

Menurut Epen, pengemudi truk harus memahami pentingnya melakukan pemeriksaan harian, baik sebelum atau sesudah kendaraan beroperasi, khususnya pada bagian sistem pengereman. Ini penting dilakukan karena truk biasanya membawa beban sangat berat, sehingga komponen rem kemungkinan juga akan cepat aus atau melemah fungsinya.

"Kurangnya pengetahuan pengemudi dalam membedakan jenis-jenis sistem rem, termasuk prosedur pengunaannya (bisa menjadi salah satu faktor kenapa rem truk mengalami rem blong). Jadi ada aspek knowledge, skill, dan attitude yang diabaikan," kata Epen kepada detikOto melalui pesan singkat, Kamis (21/7/2022).

Kemudian dari faktor kendaraan, truk mudah terkena potensi penyakit rem blong jika perawatannya diabaikan. Misalnya, perawatan truk, baik itu periodical maupun harian tidak dilakukan, juga tidak melakukan pengujian berkala.

"Kondisi kendaraan dan muatan ODOL (Over Dimension Over Load) yang tidak sesuai regulasi dan standarisasi spec kendaraan yang tidak sesuai standar dari ATPM (juga bisa mempengaruhi)," sambung Epen.

Faktor selanjutnya adalah lingkungan. Kondisi jalan rusak dan jalanan menurun tajam juga bisa menjadi penyebab rem truk mengalami blong, sebab rem pasti akan dipaksa kerja lebih keras, sehingga fungsinya menurun.

"Genangan air atau aquaplanning, serta material minyak tumpah juga sangat berpotensi menurunkan kualitas pengereman pada kendaraan, khususnya di truk," tambah Epen.



Simak Video "Penampakan Truk Bermuatan Ayam Tabrak Bus Primajasa di Tol Japek"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT