ADVERTISEMENT

Pakai Helm ke Mana pun Naik Motor! Polisi Bisa Tilang Pakai Kamera HP di Mana Saja

Tim detikcom - detikOto
Senin, 04 Jul 2022 15:51 WIB
ETLE Mobile
Foto: ETLE Mobile (Youtube/NTMC Channel)
Jakarta -

Mulai sekarang, kalau naik motor ke mana pun pakai helm kamu biar nggak kena tilang. Sebab, petugas polisi kini bisa menilang pelanggaran lalu lintas dengan menggunakan kamera HP.

Beberapa daerah sudah mulai menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile menggunakan kamera HP. Salah satunya di Medan, Sumatera Utara. Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Utara sudah melakukan uji coba ETLE Mobile selama 30 menit dan terjaring 297 pelanggaran.

Dalam ETLE Mobile ini, petugas polantas dibekali kamera handphone dalam penindakan pelanggaran. Tilang ETLE Mobile ini digunakan di area yang tidak tersedia kamera ETLE statis. Polisi secara rutin akan berpatroli dan memotret pelanggar lalu lintas menggunakan handphone khusus.

"Pada Rabu (29/6/2022), telah dimulai proses sosialisasi penindakan melalui perangkat cerdas handphone, baik itu untuk penindakan pelanggaran parkir, tidak menggunakan helm, dan juga melawan arus," kata Direktur Lalu Lintas Polda Sumatera Utara Kombes Pol Indra Darmawan Iriyanto dikutip Korlantas Polri.

Dikatakan, jenis pelanggaran yang bisa ditindak oleh ETLE Mobile bersifat tematik, seperti tidak menggunakan helm, boncengan bertiga, melawan arus, pelanggaran rambu dilarang parkir, dan pelanggaran kasat mata lainnya.

Makanya, mulai sekarang kalau ke mana-mana naik motor sebaiknya pakai helm. Selain untuk menjaga keselamatan, juga menghindari kena tilang elektronik ini.

Menurut Indra, petugas yang menggunakan perangkat ETLE Mobile memiliki kualifikasi sebagai penyidik dan penyidik pembantu. Petugas punya otoritas khusus sesuai dengan surat perintah dari atasannya untuk melakukan pengambilan gambar menggunakan perangkat elektronik. Di dalamnya akan tertera jelas lokasinya.

"Jadi jam peristiwa pelanggarannya jam berapa, kemudian ada longitude latitudenya (garis lintang-garis bujur) itu jelas semuanya. Gambar pelanggaran yang telah diambil petugas dikirim ke back office (admin) atau Command Center untuk dilanjutkan dengan pengiriman surat konfirmasi," sebutnya.



Simak Video "Tak Cuma Pakai ETLE, Polisi Bisa Tilang Pelanggar Pakai Kamera HP"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT