ADVERTISEMENT

Kerajaan Inggris Siap Kucurkan Dana Rp 22 Triliun untuk MRT Jakarta

Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 19 Jun 2022 17:46 WIB
Proyek MRT Fase II segmen CP201 rute Thamrin-Monas terus dikebut. Saat ini mesin bor bawah tanah telah berhasil membangun terowongan sepanjang 75 meter.
Kerajaan Inggris mengungkapkan ketertarikannya dengan pengembangan MRT Jakarta (Pradita Utama/detikFoto)
Jakarta -

Kerajaan Inggris mengungkapkan ketertarikannya dengan pengembangan MRT Jakarta. Tak tanggung-tanggung, mereka bahkan hendak memberikan pinjaman ekspor senilai 1,25 miliar pound sterling atau setara dengan Rp 22 triliun.

Kabar ini mencuat setelah kunjungan kerja yang dilakukan oleh Richard Graham MP UK Prime Minister's Trade Envoy to the Asean EC, Indonesia, Malaysia, and the Philippines ke PT MRT Jakarta.

(ki-ka) Country Head--Indonesia UKEF Richard Michael, Direktur Utama William Sabandar, dan UK Prime Minister's Trade Envoy Richard Graham berfoto menunjukkan surat EoI dari Kerajaan Inggris terkait minat mendukung pengembangan jaringan MRT Jakarta(ki-ka) Country Head--Indonesia UKEF Richard Michael, Direktur Utama William Sabandar, dan UK Prime Minister's Trade Envoy Richard Graham berfoto menunjukkan surat EoI dari Kerajaan Inggris terkait minat mendukung pengembangan jaringan MRT Jakarta Foto: PT MRT Jakarta (Perseroda)/Nasrullah

"Dengan senang hati saya mengonfirmasikan Expression of Interest atau penyampaian minat dari UK Export Finance terkait pemberian pinjaman ekspor senilai 1,25 miliar pound sterling untuk pengembangan koridor MRT Jakarta serta pengembangan proyek urban regeneration di Jakarta. Proyek ini akan membantu mengubah gaya masyarakat kota Jakarta," ungkap Richard Graham dilansir dari rilis resmi MRT Jakarta.

Hubungan baik antara Kerjaan Inggris dan PT MRT Jakarta sejatinya bukan hal baru. Sebelum pertemuan dilakukan oleh Kerajaan Inggris dan MRT Jakarta baru-baru ini, keduanya telah bertemu di London pada Mei 2022 lalu.

"Ini merupakan pertemuan lanjutan setelah sebelumnya kami bertemu di London, Kerajaan Inggris pada Mei 2022 membicarakan tentang dukungan Kerajaan Inggris terhadap pengembangan koridor MRT Jakarta," ujar Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar.

William mengatakan sebelumnya sudah ada kerja sama antara MRT Jakarta dengan Crossrail International yang merupakan konsultan transportasi yang dimiliki oleh Pemerintahan Kerajaan Inggris.

Adapun bahasan yang dilakukan antara MRT Jakarta dengan Crossrail International adalah tentang peningkatan kapasitas, struktur organisasi, hingga skema pendanaan untuk pengembangan MRT Jakarta.

Lalu, keduanya juga membahas terkait strategi perencanaan untuk fase lanjutan hingga strategi pembangunan koridor ekonomi, sosial, hijau yang berkelanjutan di sepanjang jalur MRT Jakarta.

Saat ini, MRT Jakarta akan segera mengoordinasikan surat penyampaian minat dari Kerajaan Inggris kepada Pemprov DKI Jakarta yang notabene pengampu kebijakan proyek pengembangan MRT Jakarta.



Simak Video "Luncurkan TBM MRT Jakarta Fase 2A, Jokowi: Transportasi Modern Harus Lanjut"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT