ADVERTISEMENT

Mewahnya Bus AKDP Asal Kalimantan: Driver ala Pilot, Penumpang Dapat Snack Mahal

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 15 Jun 2022 11:53 WIB
PO Kapuas Raya Express
PO Bus Kapuas Raya Ekspres (Foto: Instagram @kapuas_raya_kalbar)
Jakarta -

Layanan bus mewah tidak hanya ada di pulau Jawa, di pulau Kalimantan pun ada layanan bus AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) yang mewah. Bahkan para driver-nya sampai menggunakan seragam ala pilot maskapai pesawat. Selain itu, penumpang juga mendapatkan snack atau jajanan mahal.

PO (Perusahaan Otobus) yang memiliki layanan tersebut adalah PO Kapuas Raya Express. Sebelum kita bicara soal fasilitas dan pelayanannya, mari bicara mengenai sasis dan bodi yang digunakan PO Kapuas Raya Express.

PO yang berada di bawah naungan PT Borneo Trans Mandiri ini menggunakan sasis mewah buatan Eropa, besutan Scania serta Mercedes-Benz. Sementara bodi yang dipakai kebanyakan buatan karoseri Adiputro dan Tentrem.

Dari sisi eksterior, armada Kapuas Raya Express tampil dengan warna serba gelap, di mana dasar bodi bus pakai warna hitam yang dikombinasi permainan grafis modern. Bus-bus Kapuas Raya Express mayoritas menggunakan konsep double glass atau kaca depan ganda.

Beralih ke fasilitas dan layanannya, PO Kapuas Raya Express menggunakan konfigurasi seat (kursi) 2+1. Ukuran kursinya besar-besar, mirip kursi sofa, dan tentunya sudah dilengkapi bantal dan selimut. Selain itu, antara kabin penumpang dan kabin pengemudi juga diberikan partisi atau sekat.

Beberapa fasilitas lain yang ditawarkan bus ini adalah full AC, sandaran kaki, TV, karaoke audio musik, toilet bersih, dan air mineral. Dan yang menarik lagi penumpang juga mendapatkan buah dan snack (jajanan) roti donat bermerek yang relatif mahal untuk ukuran bus AKDP.

Yang tak kalah menarik, pengemudi bus Kapuas Raya Express menggunakan setelan ala pilot pesawat terbang, dengan kemeja putih dan celana berwarna hitam, serta topi ala pilot. Mereka juga menggunakan dasi hitam.

PO Kapuas Raya Express melayani sejumlah rute AKDP di Provinsi Kalimantan Barat, yakni Pontianak-Sintang (PP), Pontianak-Melawi (PP), dan Pontianak-Putussibau (PP). Harga tiket bus ini mulai dari Rp 165 ribu (promo) hingga termahal Rp 300.000.

(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT