ADVERTISEMENT

Polisi Kasih Bocoran Soal dan Kunci Jawaban Tes SIM, Manfaatkan Buat Edukasi!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 14 Jun 2022 17:44 WIB
Ujian Teori SIM Secara Online
Foto: Ujian teori SIM. Pool
Jakarta -

Korlantas Polri akan memberikan informasi mengenai kisi-kisi soal dan kunci jawaban ujian teori Surat Izin Mengemudi (SIM). Ini bisa dimanfaatkan pemohon SIM untuk dapat lulus ujian SIM.

Menurut Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Santhyabudi, pihaknya akan memberikan kisi-kisi soal dan jawaban tes teori ujian SIM.

"Perintah Kapolri sudah jelas, besok kalau ada masyarakat yang tanya, kasih soalnya, dan jawabannya. Makin banyak masyarakat yang belajar, makin pintar lalinnya. Enggak ada yang rahasia di lalin," kata Kakorlantas Polri Irjen Firman Santhyabudi di Polda Metro Jaya, Senin (13/6/2022).

Bahkan kata Firman, nanti akan disediakan bank soal yang berisi beberapa soal terkait tes teori SIM. Nantinya masyarakat bisa mengaksesnya melalui ponsel mereka masing-masing.

"Rekan-rekan bisa belajar persoalannya dan kunci jawabannya. Malah kalau perlu nanti kita gelar bank soal, ada bank soal bisa dilihat dari handphone masing-masing," ujarnya.

Instruktur Defensive Driving dan Riding GDDC Andry Berlianto mengatakan, ini bisa menjadi kesempatan pemohon SIM untuk mempelajarinya.

"Sejauh pemohon SIM benar-benar berkenan memahami hingga mempraktekannya dengan sungguh-sungguh bisa jadi ini sebuah kampanye keselamatan yang baik juga. Kuncinya memang ada di diri kita masing-masing nih," ujar Andry kepada detikcom, Selasa (14/6/2022).

"Kalau opini pribadi saya berpendapat sebenarnya jangan karena tipikal masyarakat kita yang memang lemah disiplin, tapi kembali ke individu dan pemanfaatan kuis ini sebagai jalan edukasi dan kampanye (asalkan Korlantas sungguh dan terkontrol)," ucapnya.

Dia menegaskan, kisi-kisi soal dan kunci jawaban ujian SIM ini bisa jadi pelajaran yang harus dipahami dan diterapkan pemohon SIM. Jangan cuma dijadikan bahan untuk lulus ujian SIM saja.



Simak Video "Ujian SIM Gagal Terus? Jangan Galau, Sekarang Ada 'Bimbel'-nya"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT