ADVERTISEMENT

Korlantas Kasih Bocoran Soal Ujian SIM, Bisa Auto Lulus?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 14 Jun 2022 13:16 WIB
Pelayanan KTP dan SIM Gratis.
Ujian teori SIM (Foto: Rachman Haryanto/detikcom).
Jakarta -

Korlantas Polri akan memberikan kemudahan untuk masyarakat yang melakukan ujian Surat Izin Mengemudi (SIM). Kemudahan yang dimaksud bukan berarti negatif, tapi justru bisa membuat masyarakat lebih memahami prosesnya.

Menurut Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Santhyabudi, pihaknya akan memberikan kisi-kisi soal dan jawaban tes teori ujian SIM.

"Perintah Kapolri sudah jelas, besok kalau ada masyarakat yang tanya, kasih soalnya, dan jawabannya. Makin banyak masyarakat yang belajar, makin pintar lalinnya. Enggak ada yang rahasia di lalin," kata Kakorlantas Polri Irjen Firman Santhyabudi di Polda Metro Jaya, Senin (13/6/2022).

Bahkan, kata Firman, nanti akan disediakan bank soal yang berisi beberapa soal terkait tes teori SIM. Nantinya masyarakat bisa mengaksesnya melalui ponsel mereka masing-masing.

"Rekan-rekan bisa belajar persoalannya dan kunci jawabannya. Malah kalau perlu nanti kita gelar bank soal, ada bank soal bisa dilihat dari handphone masing-masing," ujarnya.

Menurut Praktisi keselamatan berkendara yang juga Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana hal ini bukan berarti mempermudah dalam konteks meloloskan pemohon SIM yang belum kompeten. Namun, langkah ini menjadi kesempatan pemohon SIM untuk mempelajari teori-teori berlalu lintas yang aman.

"Proses belajar kan mereka harus dikasih tahu (bocoran) dasar-dasarnya keselamatan, tidak ujug-ujug dinilai," ujar Sony kepada detikcom, Selasa (14/6/2022).

Sony setuju soal-soal ujian teori 'dibocorkan' kepada pemohon SIM agar mereka bisa mempelajarinya. Minimal, pemohon SIM bisa membaca, mempelajari, dan memahami sehingga bisa diterapkan saat berkendara di jalan raya setelah lulus ujian SIM.

"Karena sistem yang lama nggak berjalan, makanya menurut gue harus ada strategi lain yang seolah-olah meringankan," sebutnya.

Beberapa waktu lalu, situs resmi Korlantas Polri menyajikan latihan soal-soal ujian teori SIM. Di sana juga tersedia pertanyaan dan jawaban yang akan muncul saat ujian teori. Namun, saat ini latihan soal-soal itu tak tersedia lagi.



Simak Video "Ujian SIM Gagal Terus? Jangan Galau, Sekarang Ada 'Bimbel'-nya"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT