ADVERTISEMENT

Mobil Desa Buatan Dalam Negeri Siap Mendunia

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 25 Mei 2022 21:29 WIB
Mobil desa AMMdes di pameran internasional
AMMdes siap makin mendunia dengan unjuk gigi di pameran internasional. Foto: Kementerian Perindustrian
Jakarta -

Kementerian Perindustrian siap membawa Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) lebih mendunia. Untuk mewujudkan hal itu, Kemenperin bakal memamerkan AMMDes yang sering disebut mobil desa itu pada ajang Asia Disaster Management & Civil Protection Expo & Conference (ADEXCO) 2022 di Nusa Dua Bali, selama 23-28 Mei 2022.

Dengan keikutsertaan mobil desa di pameran internasional diharapkan dapat mendorong ekspor dari AMMDes ke sejumlah negara.

"AMMDes memiliki beragam fungsi yang dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan produktivitas dan kesehatan masyarakat di desa serta membantu dalam penanganan bencana. Untuk itu, kami berupaya agar kemampuan AMMDes ini lebih dikenal lagi ke banyak negara lain, sehingga bisa menembus pasar ekspor," ungkap Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Taufiek Bawazier dalam siaran persnya.

Di Indonesia, mobil desa ini berperan untuk mengakomodir berbagai keperluan seperti penjernih air, pengumpan ambulans, dan menjadi watertank penyemprot desinfektan.

"Bagi masyarakat desa atau dalam kondisi darurat bencana, kebutuhan air bersih sangat penting untuk mendukung berbagai aktivitas. Oleh karena itu, peran AMMDes bisa menjadi solusi," ujar Taufiek.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, R. Hendro Martono menambahkan sejak diluncurkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2018 lalu, kehadiran AMMDes terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di berbagai daerah.

"Hal ini menjadi salah satu wujud nyata implementasi upaya membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa serta mendukung program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN)," papar Hendro.

AMMDes membuka peluang bagi pelaku industri dalam negeri untuk menguasai kemampuan teknologi bidang penelitian dan pengembangan serta rancang bangun. Hingga saat ini, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) AMMDes telah mencapai lebih dari 40 persen dan melibatkan 70 industri komponen yang sebagian besar merupakan sektor industri kecil dan Menengah (IKM).

"Selain itu, AMMDes telah masuk dalam e-katalog sektoral Kemenperin," tandasnya.

Di perhelatan ADEXCO 2022, Kemenperin menampilkan AMMDes sebagai salah satu produk yang dapat dimanfaatkan dalam membantu penanganan bencana. AMMDes yang diproduksi oleh PT. Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (PT. KMWI) menghadirkan dua AMMDes aplikasi, yaitu AMMDes Penjernih Air dan AMMDes Pengumpan Ambulans.

Direktur PT. KMWI Donny Novanda menambahkan, AMMDes merupakan inovasi teknologi anak bangsa yang dikembangkan dan diproduksi di dalam negeri. Alat mekanis multiguna ini dilengkapi mesin 14 HP, Power Take Off (PTO), Differential Lock, serta Double Wishbone.

"Jadi, AMMDes bisa berfungsi sebagai transportasi untuk daerah yang minim infrastruktur dan daerah dengan topografi ekstrim yang tidak dapat dilalui oleh kendaraan pada umumnya, sekaligus sebagai alat produksi yang dapat dikombinasikan dengan berbagai alat produksi dan alat bantu lainnya," terangnya.



Simak Video "Terekam CCTV! Aksi Pencurian Mobil Dinas Desa Sukarame Saat Sahur"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT