Kamis, 09 Apr 2020 17:56 WIB

Mobil Desa Dimanfaatkan untuk Kampanye Perangi Corona

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Seorang ibu melahirkan bayi di dalam mobil AMMDes. Bayi berjenis kelamin perempuan itu kemudian diberi nama Amanda Desvita dengan panggilan Amdes. Mobil pedesaan. Foto: Dok. Kemenperin
Jakarta -

Kendaraan pedesaan atau disebut Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) telah dimanfaatkan sebagai ambulance feeder di Lebak, Banten. Di tengah pandemi virus Corona (COVID-19), mobil pedesaan berbentuk ambulance itu digunakan untuk kampanye memerangi COVID-19.

Puskesmas Bojongmanik di Kabupaten Lebak, Banten, memanfaatkan AMMDes ambulance feeder untuk menyosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya dan pencegahan COVID-19.

"Hal ini membuktikan bahwa AMMDes dapat memberi kemudahan dan bisa digunakan dengan berbagai fungsi sesuai kebutuhan yang diinginkan," kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika, Kamis (9/4/2020).

Menurut Putu, para petugas Puskesmas Bojongmanik masih aktif mengunjungi masyarakat yang berada di sembilan desa. Mereka menggunakan AMMDes ambulance feeder untuk pergi ke desa-desa khususnya di daerah terpencil, dengan infrastruktur jalan buruk.

Pihak Puskesmas Bojongmanik melibatkan sejumlah pemangku kepentingan terkait, di antaranya pemerintah daerah, Kepolisian, TNI, organisasi masyarakat, serta kader Jamilah dari USAID Jalin Project.

"Peran kader Jamilah dalam kegiatan ini adalah membantu tim Puskesmas untuk memberi informasi kepada masyarakat agar mengikuti konseling," paparnya.

"Para kader Jamilah ini akan melapor langsung ke petugas Puskesmas jika ada yang diduga (suspect) terjangkit virus Corona di lingkungannya dan terus mengawasi pengunjung yang datang ke desa mereka," imbuhnya.

Adapun kegiatan lainnya dalam upaya mencegah penyebaran wabah COVID-19 di setiap desa antara lain adalah mendistribusikan selebaran atau brosur tentang virus Corona, memberikan masker gratis kepada masyarakat dan mengajarkan cara penggunaan yang tepat, mengajarkan cara mencuci tangan dengan sabun dan air yang benar, serta mengimbau masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"AMMDes ini dilengkapi differential lock dengan ban yang bisa disesuaikan dengan kontur medan yang akan dilalui, sehingga tidak selip di medan ekstrim dengan infarstruktur minim," ungkapnya.

AMMDes telah memiliki tingkat kandungan komponen lokal yang cukup tinggi, yakni mencapai 70%. AMMdes pertama diluncurkan dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

AMMDes memiliki 2 fungsi, yaitu sebagai alat produksi untuk meningkatkan produktivitas pertanian di pedesaan dan memobilisasi hasil produksi di desa.

Dengan fungsi tersebut, AMMDes memiliki tiga tipe yaitu tipe fix bin dengan power take off atau PTO (mengambil tenaga dari sumber lain dan mentransmisikan energi tersebut untuk aplikasi lain), tipe fixed bin dengan ALSINTAN dan tipe flat deck atau passenger dengan PTO.



Simak Video "Tambah 3.989, Total Kasus Positif Covid-19 di RI Jadi 244.676"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com