Polisi Upayakan Tak Ada Penutupan Jalan saat Balapan Formula E Jakarta Digelar

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 25 Mei 2022 11:13 WIB
Pembangunan lintasan Sirkuit Formula E di Jakarta telah rampung. Kini Jakarta International E-Prix Circuit menyisakan pemasangan infrastruktur tambahan.
Pihak kepolisian tengah berupaya untuk tidak menutup jalan saat penyelenggaraan balap Formula E.Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Ajang balap mobil listrik Formula E akan digelar di Jakarta. Saat gelaran Formula E seri kesembilan itu, pihak Polda Metro Jaya mengupayakan tidak ada penutupan jalan raya di sejumlah titik.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihak kepolisian saat ini masih melakukan koordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta mengenai kebijakan lalu lintas saat digelarnya ajang Formula E Jakarta.

"Kita berupaya agar sedapat mungkin tidak menutup jalan agar tidak mengganggu lalu lintas umum. Tapi kalaupun memang harus penutupan, kita lakukan," kata Sambodo dikutip Antara.

Sejauh ini pihak kepolisian dan panitia penyelenggara telah melakukan survei di sejumlah titik menuju lokasi balapan, hal ini dilakukan untuk menentukan kebijakan rekayasa lalu lintas yang akan diambil nantinya.

"Informasi awal nanti penonton akan diturunkan di Kemayoran. Lalu dari JIExpo naik shuttle bus. Kita lihat rutenya dan berapa shuttle bus yang disiapkan," paparnya.

Lebih lanjut, Sambodo juga menyinggung soal wacana pawai para pebalap Formula E yang digelar di Monas, Jakarta Pusat. Ia menyebut kemungkinan besar kegiatan pawai tersebut akan dibatalkan.

"Ada informasi sementara kemungkinan tidak pawai. Tapi mobil-mobil akan dipamerkan di area di dalam Monas. Tapi untuk kepastiannya hari ini kami akan ketemu dengan pihak panitia Formula E untuk memastikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada 2 Juni," ujar Sambodo.

Sebagai informasi, balapan mobil listrik Formula E di Jakarta bakal diselenggarakan pada 4 Juni 2022. Ini merupakan kali pertama Indonesia menggelar balapan mobil tanpa asap tersebut.

Formula E Jakarta bakal diselenggarakan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). Sirkuit ini dibangun di kawasan Pantai Karnaval Ancol, yakni di sisi selatan Ancol Beach City (ABC) Mall. Sirkuit ini dibangun memanfaatkan jalanan yang sudah ada.

Jelang digelarnya Formula E Jakarta yang tinggal menghitung hari, kini mobil balap listrik tersebut sudah tiba di Jakarta. Sebanyak 22 mobil dikirim dari Berlin dan sudah tiba di Jakarta pada 22 Mei 2022. Untuk mengangkut mobil dan sejumlah perlengkapan balapan Formula E dibutuhkan 45 truk.

Nantinya 22 mobil milik 11 tim yang berlaga di Formula E bakal dibongkar di Sirkuit Ancol. Adapun proses pengiriman logistik ke Sirkuit Ancol berlangsung sampai 24 Mei.

"Unboxing akan dilakukan di dalam Sirkuit Ancol langsung," tutur Ketua Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni.



Simak Video " Formula E Jakarta Start Besok, Ini Jadwal Lengkapnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)