PO Sudiro Tungga Jaya Rilis Bus Baru, Pakai Bodi Laksana Discovery Teranyar

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 09 Mei 2022 10:55 WIB
PO Sudiro Tungga Jaya rilis armada baru pakai bodi Laksana Discovery
Foto: Dok. Laksana. PO Sudiro Tungga Jaya rilis armada baru pakai bodi Laksana Discovery.
Jakarta -

Perusahaan Otobus (PO) Sudiro Tungga Jaya resmi merilis armada baru buatan karoseri Laksana. Yang menarik bus baru Sudiro Tungga Jaya ini memakai bodi Discovery teranyar dari Laksana.

Sebagai informasi, bodi Discovery diperuntukkan untuk bus-bus bermesin depan. Yang dipakai oleh bus Sudiro Tungga Jaya adalah bodi Discovery DC 03 yang telah diperbaharui.

PO Sudiro Tungga Jaya rilis armada baru pakai bodi Laksana DiscoveryPO Sudiro Tungga Jaya rilis armada baru pakai bodi Laksana Discovery Foto: Dok. Laksana

Dari segi eksterior, desain bus ini cukup simpel. Warna dasarnya putih dan di bagian bodi belakangnya diberi grafis khas berwarna hitam, lengkap dengan tulisan 'STJ'. Di bodi sampingnya juga terdapat tulisan 'Sudiro Tungga Jaya' dan tulisan 'Patas Jatim' di bagian kacanya.

Menilik ke bagian depan, desain grille-nya terlihat elegan dengan adopsi honey comb (sarang lebah) disertai tulisan 'Discovery' di atasnya. Selain itu para penumpang juga tidak bakal terhalang pandangannya karena bus ini menggunakan kaca tunggal (single glass).

PO Sudiro Tungga Jaya rilis armada baru pakai bodi Laksana DiscoveryPO Sudiro Tungga Jaya rilis armada baru pakai bodi Laksana Discovery Foto: Dok. Laksana

Bus ini menggunakan konfigurasi jok 2+2 yang tentunya akan membuat penumpang lebih nyaman. Tampak juga jok penumpang sudah dibekali perangkat safety, seat belt.

Jika melihat tulisan di kaca depan, bus terbaru Sudiro Tungga Jaya ini bakal digunakan untuk rute AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) dengan trayek daerah Magetan-Surabaya. Bus ini memiliki julukan Jennoca (Soldier of Fortune).

Adapun sasis yang digunakan adalah Mercedes-Benz OF 1623 dengan konfigurasi mesin depan. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimum 230 dk yang didapat dari mesin diesel 6-silinder Mercedes-Benz OM 906 LA.

(lua/din)