ADVERTISEMENT

Disebut Keong, Bus Sinar Jaya Dikenal Bertarif Murah dan Tak Ngeteng Penumpang

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 22 Apr 2022 21:03 WIB
PO Sinar Jaya
PO Sinar Jaya. Foto: Dok. Sinar Jaya Group
Jakarta -

Bus Sinar Jaya disebut 'keong' karena dinilai terlalu lambat berjalan di tol Trans Jawa. Tapi sejak dahulu, bus Sinar Jaya lebih dikenal karena tarif murah, serta tidak mengeteng penumpang di jalan.

Sebagai informasi PO Sinar Jaya berdiri pada 1982 di Bekasi, Jawa Barat. Bus ini melayani rute antar kota antar provinsi di Jawa, seperti Surabaya, Tegal, Semarang, Yogyakarta, Cilacap, Wonosobo, Solo, Pekalongan, Purwokerto, dan masih banyak lainnya.

Memiliki armada yang sangat banyak, sangat mudah menemui bus Sinar Jaya di tol Trans Jawa. Namun di sisi lain, bus Sinar Jaya ternyata dijuluki 'keong' karena dianggap terlalu pelan saat melintas di jalan bebas hambatan.

Direktur Utama PT Sinar Jaya Megah Langgeng, Teddy Rusly pun mengomentari julukan yang disematkan pada PO yang dipimpinnya itu. Menurut Teddy, PO Sinar Jaya hanya berusaha patuh terhadap peraturan lalu lintas di jalan tol.

"Bagaimana kita menerapkan manajemen, yang utama itu kepada penumpang. Walaupun banyak orang bilang Sinar Jaya 'keong', jadi saya dengar itu," kata Teddy di Kantor Pusat Laksana, Ungaran, Semarang (19/4).

"Keong nggak papa. Jadi itu kan regulasi yang diharuskan oleh pemerintah, karena kecepatan di jalan tol itu harusnya kalau untuk bus itu 90 km/jam ya. Kita mengutamakan keselamatan penumpang," sambung Teddy.

Bus Sinar Jaya Lebih Dikenal karena Tarif Murah dan Tidak Ngeteng Penumpang

Dalam sebuah wawancara dengan detikOto, Ketua Umum BisMania Community, Zaenal Arifin, pernah mengatakan bahwa bus Sinar Jaya merupakan salah satu layanan transportasi yang populer di jalurnya.

"Sinar Jaya terkenalnya di kalangan penumpang awam dulu itu bus sejuta umat. Karena armadanya banyak, tarifnya murah, dan nggak naikin penumpang di tengah jalan," kata Zaenal.

PO Sinar Jaya yang bermarkas di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, memang memiliki armada yang sangat banyak. Jumlahnya memang tak diketahui pasti. Tapi jika Anda pernah melintas di tol Trans Jawa atau jalan provinsi yang mengarah ke wilayah Brebes, Purwokerto, Cilacap, atau Yogyakarta, Anda pasti dengan sangat mudah menemui bus ini di jalanan, mirip seperti low MPV 'sejuta umat' Toyota Avanza yang mendominasi jalanan di Indonesia.

Bus-bus Sinar Jaya juga diketahui tidak menaikkan penumpang di tengah jalan alias mengeteng. Berdasarkan pengalaman detikOto, bus-bus Sinar Jaya hanya akan menaikkan penumpang di pool-pool atau agen resmi bus Sinar Jaya.

(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT