Indonesia Akan Uji Coba Skuter Listrik Yamaha E01, Gabung Eropa dan Jepang

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 21 Apr 2022 19:08 WIB
Yamaha E01
Skuter listrik Yamaha E01. (Foto: Luthfi Anshori/detikOto)
Jakarta -

Yamaha Motor memulai program elektrifikasi mereka dengan memperkenalkan skuter listrik, Yamaha E01, di Eropa pertengahan Maret 2022 lalu. Skuter listrik E01 saat ini masih berupa produk konsep dan masih akan terus diriset dan dikembangkan oleh Jepang dengan melibatkan beberapa negara. Kabar baiknya, Indonesia menjadi salah satu negara yang terlibat dalam pengembangan skuter listrik ini.

Sebagai informasi, skuter listrik E01 merupakan program Proof of Concept (PoC) Yamaha yang rencananya akan dimulai pada Juli 2022 nanti. Selain Eropa, serta Jepang, negara lain yang dilibatkan dalam proyek ini adalah Taiwan, Thailand, Malaysia, termasuk juga Indonesia melalui PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Proof of Concept (PoC) Planner Yamaha Motor, Nomura Yasushi mengatakan, pengujian skuter listrik E01 di 6 negara berbeda sengaja dilakukan agar dapat mengetahui berbagai masukan, mengingat setiap wilayah pengujian memiliki karakteristik berbeda-beda, baik dari segi kondisi cuaca, jalan, termasuk juga kebiasaan pengendaranya.

"Ini adalah teknologi untuk masa depan dan kami ingin mendapatkan masukan langsung dari para pelanggan. Kami berencana untuk melakukan pengujian PLC (Programable Logic Controller) di 6 negara dan wilayah. Kami melakukan pengujian PLC di Jepang, Eropa, Taiwan, Thailand, Malaysia, dan Indonesia," ujar Nomura dalam acara Yamaha Motor E01 Product Briefing secara virtual, Kamis (21/4/2022).

Lanjut Nomura menambahkan, dalam pengujian PLC ini akan dites sejauh mana performa baterai, cara penggunaannya, serta pengaruh suhu atau cuaca terhadap baterai.

Yamaha E01Yamaha E01 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

"Misalnya iklim Thailand dan Indonesia tropis, Taiwan subtropis dan iklim di Jepang dan Eropa sedang. Dengan melakukan pengujian PLC di iklim berbeda-beda, penelitian kita lebih bisa mendalam," ujarnya.

"Kita juga mencoba melakukan pengujian terhadap kondisi mengemudi di setiap negara. Misal di Eropa dan Malaysia kendaraan (skuter E01) bisa dipacu secara cepat di jalur ekspres (tol). Lalu Indonesia, Thailand, dan Jepang, orang-orang di sini sering bepergian terutama di dalam kota, tetapi juga lintas kota. Kemudian di Taiwan (riset dilakukan) untuk pertukaran baterai dan stasiun pengisian (baterai kendaraan listrik)," tambah Nomura.

Indonesia sendiri melalui PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah memperkenalkan skuter listrik Yamaha E01 di arena pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 lalu. Namun seperti di Eropa, skuter listrik E01 yang dipajang di booth Yamaha masih sekadar produk konsep.

Kendati demikian, skuter tersebut sudah dibekali sejumlah perangkat legal berkendara, seperti sistem pencahayaan, kaca spion, bahkan juga sudah dibekali dudukan pelat nomor.

(lua/din)