ADVERTISEMENT

Spesifikasi Bushmaster, Mobil Lapis Baja dari Australia untuk Tentara Ukraina

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 09 Apr 2022 16:45 WIB
Kendaraan Tempur Bushmaster dikirim Australia untuk Ukraina
Kendaraan tempur Bushmaster yang dikirim Australia ke Ukraina (army.gov.au)
Jakarta -

Australia secara resmi mengirimkan puluhan unit kendaraan lapis baja kepada Ukraina. Hal ini dilakukan sebagai bentuk bantuan kepada Ukraina yang tengah menghadapi invasi Rusia.

Dikutip dari Bloomberg, beberapa waktu lalu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sempat meminta bantuan kepada pemerintah Australia untuk mengirimkan alat perang. Merespons hal tersebut, Australia langsung mengirim 20 unit kendaraan lapis baja Bushmaster ke Ukraina.

Saat ini Australia merupakan salah satu negara yang gencar memberikan bantuan dan dukungan persenjataan kepada Ukraina. Maka dari itu, kendaraan lapis baja ini digunakan untuk membantu militer Ukraina menghadapi tentara Rusia yang terus menggempur sejumlah kota.

Pengiriman mobil lapis baja ke Ukraina sudah memasuki tahap pertama. Sebanyak empat unit Bushmaster berwarna hijau zaitun dengan aksen bendera Ukraina di sisinya telah dikirim dari Queensland, Australia, pada Jumat (8/4/2022) waktu setempat. Kendaraan lapis baja itu diterbangkan menggunakan pesawat Boeing C-17 Globemasters.

Menteri Pertahanan Australia, Peter Dutton mengatakan bahwa Australia siap menerima panggilan dari seluruh pemimpin negara yang tengah menghadapi perang dari negara lain.

"Ide kami adalah selalu memberikan dukungan guna menjaga masyarakat tetap aman serta mengusir Rusia secepat mungkin dari wilayah Ukraina," kata Dutton.

Lantas, bagaimana kehebatan kendaraan lapis baja Bushmaster dan seperti apa spesifikasinya?

Melansir dari situs Army, kendaraan lapis baja Bushmaster dikembangkan dan diproduksi oleh Thales Australia di fasilitas mesin dan manufaktur ADI di Bendigo, Victoria, Australia.

Bushmaster dirancang untuk membawa sembilan orang pasukan. Karena tahan terhadap ledakan dan dilapisi baja, Bushmaster punya berat 12,5 ton dan sanggup menjalankan misi hingga tiga hari penuh tanpa mengisi ulang bahan bakar.

Mengenai dimensi, Bushmaster memiliki panjang body 7,18 meter, mempunyai lebar 1,48 meter, serta tinggi yang mencapai 2,65 meter.

Kendaraan lapis baja ini mengusung teknologi flat tyre, sehingga Bushmaster dapat terus bergerak meski bannya kempis setelah dihujani peluru oleh musuh. Selain itu bagian jendelanya juga sudah didesain anti peluru.

Bushmaster mengusung desain body V-shapped Hull untuk melindungi para tentara di dalamnya dari peluru hingga alat peledak lainnya. Sementara itu, sisi miring di bagian bawah kabin diklaim bisa melencengkan ledakan ke berbagai arah, sehingga tidak langsung mengancam Bushmaster dan pasukan di dalamnya.

Sementara itu tangki bahan bakar dan hidrolik Bushmaster ditempatkan di bagian luar, hal ini agar melindungi pasukan jika suatu saat terjadi kebakaran atau ledakan berskala besar. Kendaraan lapis baja ini juga memiliki tangki bahan bakar darurat sebagai antisipasi jika Bushmaster kehabisan bahan bakar.

Soal dapur pacunya, Bushmaster menggunakan mesin Caterpillar 3126E. Walau punya berat belasan ton, kendaraan lapis baja ini dapat dipacu hingga kecepatan lebih dari 100 km per jam.

Bushmaster memiliki enam varian yang bisa digunakan untuk berbagai hal, yakni mengangkut pasukan perang, ambulans, penyerang langsung, kendaraan mortar, kendaraan teknisi, serta kendaraan komando.



Simak Video "Jabat Tangan Awali Pertemuan Perdana Erdogan-Zelensky Sejak Invasi"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT