Ogah Kena Macet? Jam Segini Jalanan Jakarta Mulai Lengang

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 07 Apr 2022 08:33 WIB
Macet di Tol Dalam Kota
Jalanan Jakarta mulai lengang selepas jam buka puasa. Foto: Macet di Tol Dalam Kota (Haris Fadhil/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah ruas jalan di Ibu Kota Jakarta belakangan ini terlihat kembali padat. Pelonggaran aktifitas masyarakat diduga menjadi salah satu penyebab utamanya. Di samping itu, adanya pergeseran jam masyarakat dalam beraktifitas turut membuat jalanan macet.

Tapi jalanan tak selamanya padat. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo mengungkap beberapa waktu saat jalanan Jakarta mulai kembali lengang terutama di malam hari.

"Nah pasca buka puasa setengah 7 atau jam 7, jam 8 itu arus lalin udah landai kembali, karena memang titiknya di situ," ungkap Sambodo dikutip NTMC Polri, Kamis (7/4/2022).

Adapun kemacetan Jakarta selama bulan puasa kata Sambodo terjadi sebelum jam-jam tersebut. Saat pagi hari, kemacetan terjadi pada pukul 7-8. Sementara pada sore dimulai dari jam 4.

Tak bisa dipungkiri, selama bulan puasa beberapa instansi menerapkan jam kerja lebih singkat. Alhasil, sejumlah masyarakat pulang ke rumah di waktu bersamaan.

"Pergerakan itu terjadi bersamaan. Dulu sebelum bulan puasa ada orang yang pulang kerjanya jam 4, ada yang pulang jam 5, 6, 7, semua terbagi. Sekarang pada saat bulan Ramadan terutama pada minggu pertama awal puasa semua orang ingin buka puasa di rumah. Jadi pergerakannya serentak," kata Sambodo.

Dalam beberapa waktu terakhir, Sambodo menyebut kemacetan di Ibu Kota naik 18%. Di lain pihak, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pun tak menampik bahwa lalu lintas di Ibu Kota sudah meningkat. Riza mengatakan peningkatan volume kendaraan karena aktivitas masyarakat mulai normal akibat pelonggaran.

Riza mencontohkan aktivitas yang sudah dilonggarkan meliputi pembelajaran tatap muka 100 persen hingga transportasi publik yang kapasitasnya dibolehkan untuk diisi penuh.

"Mulai macet itu kan karena memang sudah mulai normal kembali kita. Sejak 2 tahun pandemi, kita sudah mulai normal kembali, jadi sudah pelonggaran-pelonggaran. Seperti yang sudah disampaikan pemerintah pusat, sudah dibuka," kata Riza

Simak juga 'Catat! Ini Jam-jam Paling Macet di Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]



(dry/lth)