Perbandingan Harga BBM RON 92 Pertamina, Shell, Vivo, dan BP, Ini Pilihan Termurah!

ADVERTISEMENT

Perbandingan Harga BBM RON 92 Pertamina, Shell, Vivo, dan BP, Ini Pilihan Termurah!

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 03 Apr 2022 03:12 WIB
Jelang Harga Naik, Pertamax di Pom Bensin Gatsu Jaksel Ini Habis
SPBU milik Pertamina yang menjual Pertamax (20Detik)
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) secara resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) Pertamax atau BBM RON 92 menjadi Rp 12.500 per liter mulai 1 April 2022. Lantas, bagaimana harga BBM RON 92 milik perusahaan minyak lainnya yang jualan di Indonesia?

Sebelumnya diberitakan, naiknya harga Pertamax termasuk dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Kenaikan ini juga telah disampaikan Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T PT Pertamina (Persero) Irto Ginting dalam keterangan resmi. BBM Non Subsidi Gasoline RON 92 atau Pertamax naik harganya menjadi Rp 12.500/liter dari harga sebelumnya Rp 9.000/liter.

Harga itu untuk daerah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor /PBBKB 5%.

"Pertamina selalu mempertimbangkan daya beli masyarakat, harga Pertamax ini tetap lebih kompetitif di pasar atau dibandingkan harga BBM sejenis dari operator SPBU lainnya. Ini pun baru dilakukan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, sejak tahun 2019," jelasnya.

Lalu, bagaimana dengan harga BBM RON 92 milik perusahaan minyak swasta yang ada di Indonesia?

Saat ini ada tiga perusahaan minyak swasta yang memiliki SPBU di Tanah Air, yakni Shell, Vivo, dan BP-AKR. Sama seperti Pertamina, ketiga perusahaan minyak tersebut menyediakan BBM RON 92 untuk masyarakat, namun dengan harga yang relatif berbeda.

Mulai dari Shell yang menjual BBM sejenis Pertamax dengan produk Shell Super RON 92 yang saat ini harganya sebesar Rp 12.990 per liter. Apabila dibandingkan dengan Pertamax, harga Shell Super sedikit lebih mahal dengan selisih Rp 490.

Sementara itu, BP-AKR juga menjual bahan bakar setara dengan Pertamax dengan nama produk BP 92 yang dibanderol seharga Rp 12.990 per liter. Harganya sama dengan Shell Super RON 92 yang dijual di Indonesia.

Kemudian ada Vivo yang juga menjual BBM RON 92 sekelas Pertamax dengan nama produk Revvo 92. Namun harganya sedikit lebih murah dibandingkan tiga perusahaan sebelumnya, yakni sebesar Rp 11.990 per liter.

Berikut harga BBM RON 92 dari beberapa SPBU berbeda:

  • Pertamina (Pertamax): Rp 12.500 per liter
  • Shell (Shell Super RON 92): Rp 12.990 per liter
  • BP-AKR (BP 92): Rp 12.990 per liter
  • Vivo (Revvo 92): Rp 11.900 per liter


Baru! Sudut Pandang: Doa Pawang Hujan Hadapi Sentilan Sains dan Tudingan Klenik

[Gambas:Video 20detik]



(din/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT