Gaikindo Klaim Jakarta Auto Week Catatkan Transaksi Rp 2,3 Triliun

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 30 Mar 2022 09:36 WIB
Booth Isuzu di Jakarta Auto Week 2022
Jakarta Auto Week (Luthfi Anshori/detikOto)
Jakarta -

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengklaim pameran Jakarta Auto Week (JAW) yang diselenggarakan pada 12-20 Maret 2022 punya nilai transaksi hingga mencapai Rp 2,3 triliun.

Dalam data yang diterima detikcom, JAW 2022 berhasil dihadiri 53.164 calon pembeli. Sementara itu Gaikindo mengklaim sepanjang hajatan sudah mencatat transaksi 5.919 unit kendaraan dengan nilai Rp 2,3 triliun.

"Capaian transaksi pada pameran JAW yang baru pertama kali dilangsungkan ini sangat luar biasa, Kami sangat bangga, karena sesuai dengan tujuannya JAW dapat berkontribusi kepada pecapaian penjualan industri otomotif pada tahun ini," ungkap Yohannes Nangoi dalam siaran persnya, Rabu (30/3/2022).


Jumlah transaksi yang didapat dari para peserta JAW 2022, yakni Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling.

Menurut pencatatan Gaikindo total penjualan kendaraan penumpang kondisi normal dalam kurun waktu satu bulan adalah sekitar 13.500 unit, yang berarti 450 unit per hari nya. Dan hasil transaksi di JAW telah berhasil melampaui hasil penjualan kendaraan selama 9 hari kondisi normal di Jakarta.

"Hasil yang dicapai JAW, memberikan semangat dan meningkatkan rasa percaya diri GAIKINDO untuk menjadikan JAW sebagai agenda pameran otomotif tahunan," ujar Nangoi lagi.

JAW direncanakan akan menjadi agenda tahunan. Pada 2023 nanti dijanjikan akan lebih meriah.

"Para peserta juga menyampaikan bahwa mereka telah mencapai bahkan melebihi target yang mereka sasar pada JAW 2022. Hal ini meyakinkan GAIKINDO untuk kembali melaksanakan JAW tahun depan," ujar Ketua III Gaikindo, Rizwan Alamsjah.



Simak Video "Mobil Rusia yang Mau 'Invasi' di Indonesia Jadi Nggak?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)