ADVERTISEMENT

Mobil Listrik Wuling di Indonesia Harganya Bisa Murah Meriah?

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 21 Mar 2022 18:07 WIB
Jakarta -

Wuling tengah bersiap menyambut era elektrifikasi di Indonesia tahun ini. Benang merah tergambar dari produsen mobil China, harga yang kompetitif tetapi fitur royal. Apakah strategi yang sama bakal diterapkan pada mobil listriknya?

"Yang pasti kita selalu bawa inovasi untuk pasar Indonesia. Tentunya kita akan kompetitif dari segi produk dan juga fitur yang disiapkan. Nanti dari situ kita lihat banderol harga yang akan kita pasarkan," ujar Brian Gomgom, Media Relations Wuling Motor saat ditemui di Jakarta Barat, Senin (21/3/2022).

Kendati informasi harga masih ditutup rapat-rapat, dia hanya memastikan, mobil listrik Wuling yang akan dijual di Indonesia nantinya menggunakan platform GSEV. Salah satu modelnya terakhir kali diboyong pada ajang Jakarta Auto Week 2022.

"Itu (GSEV) platformnya, jadi platform itu bisa bikin banyak model. Nah pasarannya seperti apa itu sedang kita persiapkan," ungkap dia.

Mobil listrik mungil Wuling dengan platform GSEV ini sangat populer di China. Mobil dengan dimensi kompak ini biasa digunakan untuk transportasi harian. Wuling mengklaim, berkat ukurannya yang kecil, platform GSEV menjadi mudah untuk parkir.

Tercatat ada dua konfigurasi bangku yang bisa diaplikasikan yakni dua bangku ataupun empat bangku.

Platform GSEV ini turut mengedepankan kemudahan dalam pemakaiannya. Hal tersebut dibuktikan dengan kemampuan jarak tempuh mulai dari 120 km sampai dengan 300 km serta dukungan pengisian baterai yang mudah dan didukung fasilitas fast charging.

Mobil listrik mungil Wuling dengan basis GSEV juga dilengkapi dengan fitur pintar seperti Internet of Vehicle (IoV), ADAS, Automatic Parking, hingga fitur Multimedia dengan dukungan Voice Command. Tak cuma itu, aspek keselamatan berkendara didukung oleh rangka baja pada bodi yang kuat dan kantung udara (airbag). Baterai GSEV dijamin keamanannya melalui pengujian ketahanan tinggi, berstandar IP68 waterproof dan dilengkapi Smart Battery Management System.

Platform GSEV sudah hadir dalam enam produk yang diluncurkan sejak 2017. Mulai dari E100, E200, Hongguang Mini EV, Hongguang Mini EV Macaron, KiWi EV, hingga Nano EV.

"Terakhir kemarin kita bawa di Jakarta Auto Week, tahun ini kita coba reminder lagi bahwa di tahun ini kita akan bawa lagi platform GSEV. Ini contohnya. Modelnya nanti kita infokan. Tahun ini pasti kita pasarkan di Indonesia. Ya, kita ada rencana produksi di Indonesia," jelas Brian.

Dia sendiri belum mau membocorkan wujud dan kisaran harga mobil listrik Wuling. Di China, mobil listrik Wuling harganya cukup murah, di bawah Rp 100 juta.

"Harga tunggu dulu. Kita lihat nanti," jelas Brian.

(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT