ADVERTISEMENT

Siap-siap! Tidak Ada Penundaan, Mobil Baru Harus Euro 4

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 15 Mar 2022 19:21 WIB
Euro4
Standar emisi Euro 4 bakal berlaku di Indonesia mulai April 2022 (Shutterstock)
Jakarta -

Penerapan standar emisi Euro 4 di Indonesia tinggal menghitung hari. Mulai April 2022, mobil diesel baru di Indonesia harus sudah lulus standar emisi Euro 4.

"Sektor industri otomotif selain telah terbukti menjadi bagian penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional, bukan hanya pertumbuhan manufaktur tapi ekonomi nasional, tapi juga memberi kontribusi menjaga lingkungan kita," ujar Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang di Jakarta Auto Week, Selasa (15/3/2022).

"Tadi menyaksikan ada penandatanganan penjualan Euro4 dari Isuzu. Ini menjadi simbol industri otomotif kita sudah siap dalam memproduksi produk Euro4. Saya ingin mengingatkan bahwa mulai tanggal 12 April ada ketentuan bahwa mobil baru harus berstandar Euro4. Ini tentu menjadi kontribusi dari kami selain mendorong pertumbuhan ekonomi nasional tapi juga menjaga lingkungan yang lebih ramah," tambah dia.

Sebagai catatan, penerapan Euro4 diesel sesuai Rencana Umum Energi Nasional (RUEN). Peraturan itu tertuang dalam surat yang diterbitkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan No S 786/MENLHK-PPKL/SET/PKL.3/5/2020 tertanggal 20 Mei 2020.

Nantinya, semua produsen otomotif yang merakit kendaraan bermesin diesel akan mulai melakukan produksi pada April 2022. Anjuran untuk beralih ke Euro 4 itu sebenarnya sudah tertuang di dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017.

"Pada dasarnya kami di kemenperin memberikan peluang pada teknologi apapun selama dia bisa membantu memberikan kontribusi terhadap lingkungan yang lebih ramah," kata Agus Gumiwang.

Menperin menambahkan standar BBM untuk euro 4 yang tersedia di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) juga sudah dikordinasikan.

"Bbmnya kita sudah berkordinasi drngan pertamina dan sebagainya. Insya allah tidak ada masalah," jelas dia.



Simak Video "Aturan Emisi Euro 4 Berlaku untuk Diesel, Apa BBM yang Cocok?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT