ADVERTISEMENT

Sapu Bersih Mobil Lapis Baja Ukraina, Rusia Terjunkan Helikopter Ka-52 Alligator

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 10 Mar 2022 10:33 WIB
Helikopter serbu Rusia Ka-52 Alligator buatan Kamov
Helikopter serbu Rusia Ka-52 Alligator buatan Kamov (Tangkapan layar Youtube Kementrian Pertahanan Rusia)
Jakarta -

Kementerian Pertahanan Rusia merilis video terbaru sehubungan dengan aktivitas invasinya ke Ukraina. Dalam video yang diunggah Rabu, 9 Maret 2022, pihak Rusia memperlihatkan sosok helikopter serbu Ka-52 Alligator yang ditugaskan menyerang kendaraan lapis baja Ukraina.

Invasi Rusia ke Ukraina memasuki hari ke-14 (9/3). Sejumlah peralatan tempur canggih pun sudah diturunkan kedua belah pihak. Dari pihak Rusia, usai mereka merilis video penyerangan fasilitas militer dan drone Ukraina menggunakan jet tempur Sukhoi Su-35, kini mereka merilis video helikopter Ka-52 Alligator yang ditugaskan menyerang kendaraan lapis baja milik negara yang dipimpin oleh Volodymyr Zelensky itu.

Helikopter penerbangan tentara Angkatan Udara Rusia Ka-52 buatan Kamov dinyatakan telah menyelesaikan tugasnya mengirimkan serangan udara ke tank-tank dan kendaraan lapis baja Angkatan Bersenjata Ukraina.

"Pilot helikopter Ka-52 terbang di ketinggian yang sangat rendah, menemukan target, menguncinya dan meluncurkan rudal, menghancurkan peralatan yang disamarkan," tulis Kementerian Pertahanan Rusia dalam caption video tersebut.

Secara khusus, penerbangan pesawat-pesawat tempur Rusia selama operasi militer di Ukraina ditugaskan untuk melakukan pengawalan, menghancurkan kendaraan lapis baja, mengirimkan pasukan, kargo militer, hingga dukungan udara untuk unit yang melakukan tugas dalam rangka operasi khusus.

Kemampuan tempur Ka-52 tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya helikopter ini ditenagai dua mesin turboshaft Klimov VK-2500, yang menggerakkan dua baling-baling (rotor) yang berputar secara berlawanan (kontra koaksial). Walhasil, Ka-52 pun memiliki manuver yang lebih lincah dibanding pesawat sejenisnya.

Dikutip dari Airforce Technology, jantung pacu Ka-52 juga sangat powerful, dengan setiap mesin menghasilkan daya lepas landas maksimum 2.400 dk. Mesin ini dilengkapi dengan sistem kontrol full digital baru.

Helikopter Ka-52 dilengkapi enam cantelan untuk membawa rudal-rudal yang mematikan, seperti rudal Ataka dengan sistem panduan laser dan peluncur roket B8V-20, rudal anti-tank VIKHR yang memiliki jangkauan 8 hingga 10 km, serta rudal anti-pesawat Igla-V.

[Gambas:Youtube]

Simak Video 'Konvoi Militer Rusia di Ukraina Pakai Bendera Uni Soviet':

[Gambas:Video 20detik]



(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT