Duh, Kapal Kargo Pengangkut Ribuan Mobil Mewah Terbakar di Samudera Atlantik

ADVERTISEMENT

Duh, Kapal Kargo Pengangkut Ribuan Mobil Mewah Terbakar di Samudera Atlantik

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 20 Feb 2022 13:15 WIB
Kapal kargo pengangkut ribuan mobil mewah terbakar di Samudera Atlantik
Foto: Carscoops. Kapal kargo pengangkut ribuan mobil mewah terbakar di Samudera Atlantik.
Jakarta -

Sebuah kapal kargo terbakar saat sedang berlayar di Samudera Atlantik. Padahal kapal tersebut tengah mengangkut ribuan mobil mewah yang siap dikirim kepada konsumen.

Dilansir dari Carscoops, kapal kargo yang mengangkut mobil baru tersebut bernama Felicity Ace. Kapal jenis roll on/roll off (Roro) milik perusahaan Mitsui OSK Line (MOL) tengah berlayar dari Emden, Jerman, menuju Davisville, Rhode Island, Amerika Serikat.

Kapal kargo ini mengangkut sekitar 4.000 unit mobil baru dari perusahaan Volkswagen Group. Artinya tidak hanya merek Volkswagen saja, namun juga sejumlah mobil mewah seperti Porsche, Lamborghini, Bentley, hingga Audi juga diangkut oleh kapal tersebut.

Kapal kargo Felicity Ace sudah berlayar dari pelabuhan Emden, Jerman, sejak 10 Februari lalu. Rencananya, kapal itu akan tiba di Amerika Serikat pada 23 Februari waktu setempat. Namun sayang, saat tengah berlayar di Samudera Atlantik kapal tersebut terbakar.

Beruntung, seluruh awak kapal yang berjumlah 22 orang dalam keadaan selamat. Mereka berhasil melarikan diri dari kapal menggunakan sekoci dan diselamatkan oleh sebuah kapal tanker minyak yang kebetulan tengah berlayar di dekat lokasi kejadian. Kemudian semua awak kapal telah dievakuasi oleh tim SAR Portugal menggunakan helikopter.

Sementara itu, perusahaan pemilik kapal kargo tengah menyiapkan berbagai cara untuk menderek kapal tersebut. Tak diketahui secara pasti apakah masih ada sejumlah mobil yang bisa diselamatkan dari kebakaran tersebut.

Mengenai hal tersebut, pihak Porsche membenarkan bahwa sejumlah mobil mewah produksi mereka ada di dalam kapal kargo. Para konsumen juga sudah dihubungi oleh pihak dealer bahwa kapal kargo tersebut mengalami kebakaran.

"Terlalu dini untuk mengonfirmasi apa yang terjadi dan langkah yang harus dilakukan. Kami bersama kolega di Porsche AG, mendukung para pelanggan dan dealer untuk melakukan yang terbaik semampu kami sambil mencari solusinya," kata Wakil Presiden PR Porsche Cars Amerika Utara, Angus Fitton.

Pihak Volkswagen juga membenarkan kejadian tersebut. Mereka telah menghubungi konsumen jika mobilnya mengalami kebakaran saat dikirim memakai kapal kargo.

"Kapal kargo yang melintasi Samudera Atlantik itu juga mengangkut mobil dari Grup Volkswagen. Kapal itu menuju Amerika Utara. Kami terus melakukan komunikasi dengan perusahaan kapal untuk mendapat informasi lebih lanjut terkait insiden itu," ungkap juru bicara Volkswagen, Dirk Ameer.

Salah satu konsumen yang terdampak dari kebakaran tersebut adalah Matt Farah. Sebelumnya ia telah memesan Porsche Boxster Spyder pada Agustus 2021. Namun, baru-baru ini pihak Porsche menghubungi Farah jika mobil yang telah dibelinya berada dalam kapal kargo yang terbakar.

Pihak kepolisian kini tengah melakukan penyelidikan lebih dalam untuk mencari penyebab kebakaran. Sementara itu, baik pihak Volkswagen maupun Porsche tidak dapat mengetahui dan menjamin apakah ada kendaraan yang bisa diselamatkan dari kebakaran tersebut.

(lua/riar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT