Video Kecelakaan Vanessa Angel Diputar Ulang, Ini yang Membuat Mobilnya Terguling

team DetikOto - detikOto
Sabtu, 05 Feb 2022 13:50 WIB
Mobil Vanessa Angel yang ringsek akibat kecelakaan di Tol Jombang KM 672-400A curi atensi warga. Mereka datangi kantor Satlantas Polres Jombang untuk melihatnya
Mobil Almarhummah Vanessa Angel Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom
Jakarta -

Kecelakaan naas yang dialami oleh almarhumah Vanessa Angel dan almarhum Bibi menjadi pelajaran penting bersama, untuk terus mengindahkan peraturan lalu lintas di jalanan. Tak hanya soal kecepatan, penggunaan sabuk pengaman pada seluruh penumpang juga menjadi hal penting.

Kali ini video CCTV kecelakaan Vanessa Angel diputar ulang pada sidang Jody, yang dipublish di akun media sosial akun @lambehofficial. Dalam video CCTV tersebut terekam jelas bagaimana kronologi mobil almarhummah Vanessa berkendara dalam kecepatan tinggi.

Selanjutnya juga terekam dalam kecepatan tinggi Mitsubishi Pajero almarhummah Vanessa Angel mengarah ke kiri, dan membentur sisi beton jalan lalu kembali ke tengah jalan dan terbalik.

Berbagai tanggapan netizen mengenai kejadian naas tersebut pun beragam. Seperti yang disampaikan akun @bakeryswift yang menilai kejadian tersebut murni kecelakaan.

"Tidak ada unsur sengaja si Joddy percaya deh liat dia sampe kurus yg jelas Joddy jg trauma pastinya merasa bersalah karena dia jg dekat SM mereka cari uang nya d situ sama2 TPI nasi sdh jadi bubur penyesalan DTG nya pasti di belakang kita doakan aja semoga semua d kuat kan di beri keberkahan keluarga sehat selalu," ujar bakeryswift.

[Gambas:Instagram]



Doa terbaik untuk untuk kedua korban, almarhummah Vanessa Angle dan almarhum Bibi juga turut dipanjatkan.

"Alfatihah buat ka vanessa dan mas bibi..🤲🤲😥😥😥," ujar akun @iyah.riah.

Seperti tertulis dalam pemberitaan detikOto sebelumnya, ada 5 pelajaran yang bisa kita ambil bersama-sama, yang disampaikan Menurut praktisi keselamatan berkendara yang juga Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, diantaranya:

1. Kendalikan Emosi

Sony mengatakan, ketika berkendara di jalan tol, utamanya pengendara harus mengendalikan emosi. Ketika emosi stabil, seorang pengemudi bisa melakukan aktivitas sesuai akal sehatnya.

"Yaitu menentukan kecepatan sesuai dengan penumpang yang dibawa. Ingat, di sana ada anak kecil. Sehingga ketika ada anak kecil, kecepatan yang ideal adalah 60-80 km/jam dan anak kecil itu wajib duduk di children seat," ujar Sony.

"Kita nggak bisa bilang larinya 100 km/jam atau 180 km/jam padahal kita tidak bisa mengantisipasi kalau memang terjadi apa-apa di jalan raya. Jadi akal sehat itu penting harus diperhatikan," ucapnya.

2. Pakai Safety Belt

Dari kasus meninggalnya Vanessa Angel, perlu dipahami bahwa semua penumpang di dalam mobil wajib memakai sabuk pengaman atau safety belt. Berdasarkan keterangan polisi, Vanessa Angel terlempar ke luar mobil lantaran tidak menggunakan sabuk pengaman.

"Semua penumpang harus menggunakan safety belt tanpa terkecuali. Dan posisinya harus dalam posisi duduk sekalipun dia tidur atau capek," ujar Sony.

Sony menyebut, safety belt yang sudah disediakan dari pabrikan untuk setiap penumpang seharusnya dimanfaatkan dengan baik.

"Safety belt ini kan memang sudah disediakan sama kendaraannya. Kita beli mobil itu kan beli fitur-fitur juga. Kalau fiturnya ini tidak dimanfaatkan dengan maksimal, terus buat apa kita beli mahal-mahal," kata Sony kepada detikcom, Kamis (4/11/2021).

"Kalau pakai safety belt saya yakin dia (Vanessa Angel) nggak keluar. Jadi fitur-fitur itu benar-benar dipakai sesuai dengan jumlah penumpangnya," ucapnya.

Simak juga 'Gala Sky Kepergok Pandangi Foto Vanessa Angel-Bibi Ardiansyah':

[Gambas:Video 20detik]