ADVERTISEMENT

Anti Mainstream, Gak Cuma Foto Lelang Motor Modif Bisa di NFT Opensea!

team DetikOto - detikOto
Kamis, 27 Jan 2022 09:54 WIB
Modifikasi Kawasaki W175 Bergaya Bitcoin
Motor modifikasi bergaya Bitcoin Foto: Foto: Istimewa/Andy
Jakarta -

Marketplace Non-Fungible Token (NFT) OpenSea kini semakin seru, kalau biasa hanya bisa menjual foto atau karya digital lain. Kini seorang asal Bandung Agus Artemis yang juga sebagai founder Cryptoiz, dirinya melakukan lelang motor Kawasaki W175.

Agus menjelaskan dalam rilis yang diterima detikOto, dirinya rela melelang motor Kawasaki W175 modifnya agar bisa lebih memperkenalkan dunia NFT di Indonesia. Dirinya mengunggah NFT motor Kawasaki W175 miliknya yang bertemakan Bitcoin di OpenSea. Ia melelangnya mulai 20 Ethereum (ETH) atau setara dengan RP 710.000.000 dan waktu lelang dibuka mulai 25 Januari hingga 1 Februari mendatang.

Tidak hanya dalam bentuk digital, siapa pun yang membeli NFT tersebut juga akan mendapatkan motor yang dinamakan The Denox Naked Racer Bitcoin W175.

Lelang motor di NFT OpenSeaLelang motor di NFT OpenSea Foto: pool (The Denox)

"Penjualan NFT-nya ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat tentang NFT. NFT tidak selalu hanya tentang karya digital, fungsi NFT sebagai lisensi sebuah karya justru juga dapat dikaitkan dengan karya fisik. Bisa untuk karya tulis seperti buku, selain itu NFT dapat dijadikan solusi bagi kasus pembajakan buku. Jika penulis memanfaatkan buku, maka pembaca akan memiliki bentuk fisik buku sekaligus lisensinya secara digital," kata Agus.

Upaya edukasi NFT ini bukanlah upaya pertama Agus, Ia sempat menginisiasi kompetisi musik The Root of Satoshi Nakamoto.

Kompetisi musik yang bertemakan edukasi blockchain dan NFT pertama di Indonesia. Agus percaya bahwa adopsi blockchain sangat berguna untuk masa depan, masalah bagi seniman seperti pembajakan hingga royalti akan terpecahkan dengan adanya blockchain dan NFT.



Simak Video "Cegah Pembajakan NFT, OpenSea Luncurkan Tameng Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT