Gandeng Pininfarina, China Bikin Bus Pariwisata Super Mewah

Luthfi Anshori - detikOto
Sabtu, 22 Jan 2022 14:43 WIB
Bus pariwisata Asiastar X9-3 hasil kerja sama perusahaan China dengan Pininfarina (Italia)
Foto: Carscoops. Bus pariwisata Asiastar X9-3 hasil kerja sama perusahaan China dengan Pininfarina (Italia).
Jakarta -

Produsen bus asal China, Asiastar, menggandeng perusahaan karoseri asal Italia, Pininfarina, untuk membuat bus pariwisata super mewah. Dinamakan X9-3, bus pariwisata ini dikhususkan untuk penumpang kalangan sultan.

"Bus baru ini ditargetkan untuk pasar pariwisata kelas atas, baik domestik dan luar negeri, dan mewakili platform baru untuk bus pariwisata kelas atas bus Asiastar," kata Jia Kaiqian, General Manager Asiastar, dikutip dari Carscoops.

Bus pariwisata Asiastar X9-3 hasil kerja sama perusahaan China dengan Pininfarina (Italia)Bus pariwisata Asiastar X9-3 hasil kerja sama perusahaan China dengan Pininfarina (Italia) Foto: Carscoops

Bus yang masih berupa prototipe ini memadukan desain industrial khas Italia dengan fashion ala China modern untuk menciptakan tampilan elegan, serta mewah. Desain bus ini juga dibuat ringan supaya mesinnya bisa mengatasi setiap medan menanjak dan juga lebih efisien bahan bakar.

"Asiastar X9-3 membuka generasi baru bus pariwisata kelas atas, di mana kenyamanan tak tertandingi sesuai teknologi tertinggi: desain mengekspresikan nilai-nilai tersebut dengan bahasa modern dan inovatif, dengan garis eksterior yang dinamis dan interior yang canggih," kata Kevin Rice, Chief creative officer Pininfarina, menambahkan.

Bus pariwisata Asiastar X9-3 hasil kerja sama perusahaan China dengan Pininfarina (Italia)Bus pariwisata Asiastar X9-3 hasil kerja sama perusahaan China dengan Pininfarina (Italia) Foto: Carscoops

"Eksterior bus ini dikembangkan di Italia, bagian depan tampak terlindungi oleh kedua sisi berkat grafis inovatif: bilah aluminium penghubung dari semua elemen ini memberikan kesan dinamis dan mewah. Di bagian belakang, memiliki grafis yang khas dan lampu belakang berteknologi," sambungnya.

Bus pariwisata ini dirancang untuk menciptakan pengalaman canggih yang sangat baik sehingga mendorong wisatawan untuk memilih naik bus daripada naik mobil.

"Interior bus ini dibalut dengan desain dinamis dan modern, sesuai bahasa desain Asiastar yang baru," kata Matteo Piguzzi, kepala desain di Pininfarina Shanghai.

(lua/lth)