Jalur Sumatra-Jawa Makin Panas, PO Palala Siap Buka Trayek Sumbar-Jakarta

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 20 Jan 2022 07:08 WIB
PO Palala akan melayani trayek Sumatra Barat-Jakarta
Foto: Instagram @palalabus. PO Palala akan melayani trayek Sumatra Barat-Jakarta.
Jakarta -

Ada kabar baik bagi para penumpang bus yang kerap bepergian lintas pulau Sumatra-Jawa maupun sebaliknya. Sebab ada satu lagi Perusahaan Otobus (PO) yang siap membuka trayek dari Sumatra ke Jawa. PO Palala, demikian sebutannya, akan membuka rute Sumatra Barat (Sumbar)-Jakarta (PP).

Trayek Sumbar-Jakarta menjadi salah satu jalur gemuk di pasar transportasi lintas Sumatra-Jawa. Beberapa pemain lama yang konsisten melayani trayek ini antara lain PO ANS, MPM, NPM, Epa Star, Sembodo, dan Transport Express Jaya.

Dalam waktu dekat ini bakal meluncur lagi satu layanan transportasi bus dari Sumatra Barat menuju ke Jakarta atau sebaliknya. Layanan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) ini akan melayani rute dari Payukumbuh (Sumatra Barat) hingga Karawang (Jawa Barat).

"Untuk tahap awal, (rutenya) Payakumbuh - Bukittinggi - Padang Panjang - Batusangkar - Solok - Jakarta - Karawang," tutur admin @palalabus, kepada detikOto melalui DM Instagram, Rabu (19/1/2022).

PO Palala berada di bawah naungan PT Putra Transindo Mulya. Untuk tahap awal, PO Palala akan menyediakan 5 unit armada yang kesemuanya memakai sasis besutan Mercedes-Benz. Sementara untuk bodi busnya sendiri, menggunakan besutan karoseri Laksana, jenis Legacy SR2 Single Glass (Panorama).

"Untuk tahap awal kita baru ada 5 Unit. Pakai mercy 1526, untuk harga ticket 575 ribuan kurang lebih mas," sambung sang admin menutup pembicaraan.

Sekadar informasi, sasis Mercedes-Benz 1526 memang cukup populer di Indonesia. Dengan power mencapai 260 dk, bus ini sanggup membawa hingga 40-50 penumpang.

Sasis yang sudah terbukti andal tersebut lalu dipasangkan dengan bodi single glass terbaru buatan Laksana. Sebagaimana diketahui, Legacy SR2 Single Glass (Panorama) kali pertama digunakan di PO SAN. Bus dengan kaca depan tunggal ini menawarkan pengalaman perjalanan yang menarik bagi para penumpangnya lantaran pandangan ke depan akan sangat luas tanpa terhalang sekat kaca.

[Gambas:Instagram]



(lua/din)