Bus Monokok Adiputro Mulai Diuji Coba, Ini Rute yang Dilayani

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 17 Jan 2022 21:17 WIB
Bus monokok Adiputro diuji coba hingga tanggal 10 Februari 2022
Foto: Instagram @adiputro_official. Bus monokok Adiputro.
Jakarta -

Karoseri Adiputro mulai melakukan uji coba bus monokok mediumnya baru-baru ini. Uji coba ini dilakukan mulai 11 Januari 2022 hingga 10 Februari 2022. Rute manakah yang dilalui pada uji coba perdana kali ini?

Seperti dilihat detikOto dalam unggahan resmi Instagram @adiputro_official, bus dengan nama resmi Jetbus Transit itu melakukan uji coba di Kota Solo. Peluncuran pertama uji coba ini dihadiri jajaran Dinas Perhubungan Solo, perwakilan Adiputro, Polantas, perwakilan difabel, dan awak media.

Bus monokok berlantai rendah ini disebut ramah difabel. Selain itu, masyarakat umum juga dikatakan dapat menjajal bus ini dengan rute BST koridor I, dengan jalur dari Terminal Palur hingga bandara Adi Soemarmo. Rencana uji coba diadakan sebulan penuh hingga tanggal 10 Februari 2022.

Sebagai informasi, bus monokok terbaru Adiputro ini kali pertama diperkenalkan pada Juni 2021 lalu. Bus ini menggunakan konsep bodi yang dikatakan Adiputro sebagai body monocoque low deck.

Bus dengan konsep monokok ini diklaim memiliki sejumlah unggulan. Pertama desain bodi modern, lalu desain sasis monokok membuat bus lebih ringan dan hemat bahan bakar, dapat mengakomodasi kebutuhan bus kota, lebih stabil dengan suspensi coil spring, sehingga membuat penumpang lebih nyaman, serta dilengkapi protokol kesehatan cek suhu otomatis dan hand sanitizer.

Keunggulan lain dari bus ini adalah ada di desain deknya yang rendah alias low deck. Dengan dek yang rendah, maka akan memudahkan para penyandang disabilitas berkursi roda yang ingin naik bus ini. Kemudian, pilar-pilar kaca di bus ini juga berukuran besar, sehingga bisa menghadirkan kesan luas di dalam kabin bagi para penumpang.

[Gambas:Instagram]



Lihat juga Video: Wujud Bus Premium Double Decker Milik PO Sempati Star yang Baru Digarap Adiputro

[Gambas:Video 20detik]



(lua/lth)