Bakal Ada Penginapan di Rest Area, Jalan Tol Mana Saja yang Kebagian?

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 14 Jan 2022 16:11 WIB
Bila melintasi Tol Trans Jawa arah Semarang-Solo, jangan lupa mampir di rest area ini. Megah dan Indah kesan yang dirasakan saat singgah di Resta Pendopo 456 Salatiga.
Ilustrasi rest area yang direncanakan akan dibangun fasilitas penginapan (Rachman_punyaFOTO)
Jakarta -

Dalam rangka mengembangkan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area di jalan tol, PT Jasa Marga Tbk melalui anak usahanya, PT Jasamarga Related Business (JMRB) bakal membangun fasilitas tempat penginapan di rest area. Lalu, ruas tol mana saja yang akan hadir dengan fasilitas tersebut?

Sebelumnya diberitakan, pembangunan tempat penginapan tersebut merupakan hasil kerjasama antara PT Jasamarga Related Business (JMRB) dengan Omega Hotel Management (OHM). Keduanya telah menandatangani nota kesepahaman dalam pengembangan tempat penginapan di rest area.

Rencana pembangunan fasilitas penginapan di rest area menyusul terbitnya Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR) No. 28 Tahun 2021 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Jalan Tol.

Lalu, ruas tol mana saja yang rencananya akan dibangun fasilitas penginapan di rest area?

Direktur Utama PT JMRB Cahyo Satrio Prakoso mengatakan, potensi pengembangan fasilitas penginapan di rest area sejauh ini masih dalam proses pengkajian oleh pihak JMRB dan OHM. Lalu dalam identifikasi awal, ruas jalan tol yang cocok dengan fasilitas menginap ini adalah jaringan jalan tol Trans Jawa.

"Target utama kami tentu saja pengguna jalan dengan perjalanan menerus atau jarak jauh, demi keamanan dan keselamatan perjalanan mereka. Yang selama ini membutuhkan fasilitas menginap untuk perjalanan dari Jakarta atau bahkan Merak menuju Semarang atau dari Surabaya serta sebaliknya, harus keluar jalan tol terlebih dahulu baru menemukan hotel terdekat," kata Cahyo dalam keterangan resminya.

Faktor lainnya adalah kondisi ruas jalan tol Trans Jawa juga cukup ramai dilalui oleh kendaraan, sehingga fasilitas penginapan dirasa cocok untuk pengendara yang ingin melepas lelah. Selain itu, pihak JMRB juga mengelola sejumlah rest area yang terletak di sepanjang jalan tol Trans Jawa yang membentang dari Merak sampai Banyuwangi.

"Selain kondisi Jalan Tol Trans Jawa yang panjang dan ramai, 85 persen rest area jalan tol yang dikelola oleh PT JMRB juga terletak di jaringan Jalan Tol Trans Jawa, sehingga potensi pengembangan fasilitas penginapan ini juga semakin terbuka. Namun tidak menutup kemungkinan bila nantinya dibutuhkan di rest area kami di Jalan Tol Luar Jawa," jelasnya.

Senada dengan Cahyo, Director of Operations PT Omega Hotel Management Aswin Drajat Sukrisna mengungkapkan, pembangunan fasilitas penginapan di rest area jalan tol tidak hanya fokus di ruas tol Trans Jawa saja, namun ke depannya juga bisa dibangun pada sejumlah ruas tol di luar pulau Jawa.

"Kami sepakat dengan PT JMRB, saat ini rest area yang berpotensi untuk menghadirkan hotel adalah rest area di Jalan Tol Trans Jawa, namun tidak menutup kemungkinan bila nantinya dibutuhkan di Jalan Tol Luar Jawa," ujar Aswin.



Simak Video "Menhub Beberkan Catatan Mudik 2022 Jalur Darat, Udara, Hingga Laut"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)