ADVERTISEMENT

Asyik! Kini Uji Emisi Bisa di Kantor Walikota sampai Kecamatan

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 06 Jan 2022 18:04 WIB
Uji emisi gratis dilakukan di Jakarta, Minggu, (12/12/ 2021). Dalam kegiatan ini sebanyak 400 kendaraan mobil melakukan diuji emisi.
Uji emisi. Foto: Rengga Sencaya
Jakarta -

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mewajibkan kendaraan untuk melakukan uji emisi. Kini, fasilitas uji emisi diperbanyak. Bahkan kini kamu bisa melakukan uji emisi kendaraan di kantor Walikota.

Pemkot Jakarta Barat meluncurkan fasilitas uji emisi di Kantor Walikota Jakarta Barat. Selain di Kantor Walikota Jakarta Barat, fasilitas uji emisi juga ada di 8 titik wilayah kecamatan di Jakarta Barat.

"Hari ini kita me-launching 9 titik uji emisi se-Jakarta Barat. Satu berada di kantor walikota Jakarta Barat, 8 titik lainnya di delapan wilayah kecamatan," kata Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko.

Menurutnya, peluncuran fasillitas uji emisi kendaraan ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti Peraturan Gubernur No.66 Tahun 2020 tentang uji emisi gas buang kendaraan bermotor.

"Ini menjadi trigger bagi elemen masyarakat lainnya dalam mendukung program langit biru di Jakarta. Sehingga menjadikan Jakarta sebagai kota yang maju, lestari, lingkungan dengan udara yang bersih, dan sehat serta berbudaya," jelasnya.

Ia berharap, launching uji emisi kendaraan bermotor nantinya berlangsung pada 56 wilayah kelurahan di Jakarta Barat. Sehingga masyarakat akan lebih mudah mengakses tempat atau lokasi uji emisi.

"Berdasarkan data dari dinas lingkungan hidup DKI Jakarta, titik-titik uji emisi di Jakarta, idealnya 500 titik. Sehingga warga dengan mudah mendapatkan akses layanan uji emisi. Paling tidak dekat dengan rumah tinggalnya," tambahnya.

Tak cuma Jakarta Barat, Pemkot Jakarta Selatan juga melaksanakan Launching Uji Emisi Kendaraan Bermotor di Halaman Kantor Walikota Administrasi Jakarta Selatan, Rabu (5/1).

Walikota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin mengatakan, nantinya launching uji emisi juga akan diinstruksikan di kantor kecamatan dan kelurahan. Munjirin menuturkan, dengan adanya instruksi ini, masyarakat akan dimudahkan untuk uji emisi kendaraan karena lokasinya berada di setiap tempat.

"Selama ini kan orang mencari tempat uji emisi, di bengkel dan lain sebagainya, masih jarang. Oleh karena itu kita berkolaborasi untuk mempermudah masyarakat mengakses itu semuanya dengan harapan tentunya di Jakarta Selatan ini akan tercipta lingkungan, udara yang lebih bersih, kemudian menciptakan program langit biru yang kita sukseskan bersama-sama," ucapnya.



Simak Video "Tak Ada Tanda Khusus pada Kendaraan yang Sudah Diuji Emisi, Bagaimana Ceknya?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT