Awas Macet! Puncak Arus Lalu Lintas Diprediksi Terjadi Hari Ini

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 31 Des 2021 09:41 WIB
Sejumlah motor wara-wiri melintasi Jalan Raya Cileunyi-Cibiru, Bandung. Arus lalu lintas di kawasan itu tampak ramai saat puncak arus balik libur tahun baru.
Awas macet, arus lalu lintas diprediksi terjadi hari ini. Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Libur tahun baru diprediksi akan dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan perjalanan. Prediksinya, puncak arus lalu lintas akan terjadi hari ini, Jumat (31/12/2021).

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, arus lalu lintas pada H-2 libur tahun baru masih lancar. Katanya, puncak arus lalu lintas akan terjadi hari ini.

"Diprediksi peningkatan arus lalu lintas baru terjadi pada Jumat (31/12)," kata Aan melalui keterangan tertulis seperti dikutip Antara.

Itu berdasarkan pengamatan Aan di wilayah Solo dan sekitarnya. Hal yang sama juga terjadi pada arus lalu lintas di Kalikangkung, Semarang. Menurutnya, sejak Rabu (29/12/2021), lalu lintas di Kalikangkung masih relatif lancar baik lokal maupun jalan nasional.

Ia mengatakan kondisi serupa juga terjadi di wilayah Sumatera. Tidak hanya jalur arteri dan tol, jalur wisata juga terpantau relatif lancar.

"Insya Allah sampai malam tahun baru mudah-mudahan ini bisa terkendali," katanya.

Terkait prediksi puncak peningkatan arus lalu lintas pada hari ini, Aan memastikan pihaknya telah menyiapkan beberapa cara bertindak (CB).

"Masyarakat yang ingin pulang kampung untuk menghabiskan 1 hingga 2 Januari 2022 di kampungnya kemungkinan akan berangkat Jumat. Namun kita sudah siapkan CB-CB sehingga Insya Allah semua berjalan lancar," ujarnya.

Sementara itu, Aan memprediksi puncak arus balik terjadi setelah Tahun Baru. Pihaknya bersiap menyambut puncak arus balik usai Tahun Baru 2022.

"Antisipasi arus balik kemungkinan setelah libur tahun baru berkisar tanggal 2 Januari 2022. Kita siap dengan antisipasi dengan hal terburuk serta skema rekayasa lalin yang sudah kita siapkan kita terapkan," ujarnya.

Saat ini, Korlantas Polri menggelar Operasi Lilin untuk mengamankan libur Natal dan Tahun Baru. Operasi Lilin bakal dilakukan hingga 2 Januari 2022.



Simak Video "Syarat Prokes Tak Lengkap, 7.000 Penumpang KA Batal Berangkat"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)