Keren! Indonesia Sudah Punya Perahu Bertenaga Listrik

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 29 Des 2021 19:41 WIB
Kapal Bertenaga Listrik
Kapal Bertenaga Listrik. Foto: Pool
Jakarta -

Tak cuma mobil bertenaga listrik, Indonesia juga sudah punya kendaraan air ramah lingkungan. IKM di Nusa Tenggara Barat berhasil menciptakan perahu bertenaga listrik.

Sasak Speedboat, Industri Kecil Menengah (IKM) asal Lombok Barat, meluncurkan produk electric boat (e-boat) atau kapal motor elektrik. Pembuatan perahu listrik ini juga didukung oleh PLN.

"Industrialisasi juga akan mewujud dalam paradigma ramah lingkungan. Karena teknologi tidak hanya akan meningkatkan pendapatan dengan diciptakan dan diproduksinya alat alat baru tapi juga mengubah wajah kehidupan", ujar Sekretaris Daerah NTB Lalu Gita Ariadi yang mewakili Gubernur Zulkieflimansyah seperti dikutip situs resmi Pemrpov NTB.

Menurutnya, IKM lokal di sana telah berhasil dengan sepeda listrik, pendingin tenaga surya dan kini lahir transportasi laut seperti kapal motor elektrik.

Kamil, perwakilan Sasak Speedboat mengatakan, perahu listrik ini masih prototipe. Namun, e-boat ini mampu dioperasikan lima kali lebih efisien dari kapal motor konvensional.

"Semua bahan bakunya juga lokal dan lama pengerjaannya makin singkat tiga atau empat bulan", katanya.

Prototipe ini, kata Kamil, menjadi persiapan jika nanti berkembang dan berproduksi dalam jumlah banyak. Konsep electric vehicle atau kendaraan listrik laut ini akan terus dikembangkan dengan dukungan Pemprov dan PLN.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Nuryanti mengatakan, pihaknya mendorong inovasi baru yang ingin dikembangkan oleh masyarakat terutama generasi muda.

"Kami sangat terbuka dengan usulan inovasi atau ide kreatif. Kami akan terus melakukan pembinaan hingga inovasi dapat menjadi industri yang besar", ujarnya.

Ditambahkannya, e boat buatan UKM Sasak Speedboat ini telah dipesan oleh Pemkab Sumbawa dan diperkenalkan ke pasar yang membutuhkan.



Simak Video "Menteri ESDM Ungkap Konversi Kendaraan BBM ke Listrik Bisa Hemat Devisa"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)