53 Ribu Kendaraan Melintas Tol Cipali di Malam Natal

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 26 Des 2021 08:20 WIB
Data PT Jasa Marga menyebut, sedikitnya 24 ribu kendaraan masuk ke ruas tol Palimanan hingga Kamis (1/4) sore. Angka itu tergolong normal meski suasana jelang libur hari raya Paskah.
Ilustrasi Tol Palimanan. Foto: 20detik
Jakarta -

Lalu lintas di malam Natal 24 Desember 2021 di Gerbang Tol Palimanan tercatat 53 ribu kendaraan melintas. Volume lalu lintas di Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) telah mengalami peningkatan sebesar 16,36% dibandingkan lalu lintas harian normal.

Saat malam Natal, ASTRA Tol Cipali mengoptimalkan bukaan gardu di Gerbang Tol Palimanan sebanyak 7gardu utama dan 2 gardu satelit. Bukaan gardu ini tentunya akan terus disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Dijelaskan dalam keterangan resminya, ASTRA Tol Cipali juga memaksimalkan sejumlah armada layanan lalu lintas yang terdiri dari 12 unit mobil Patroli, 5 unit ambulans, 12 unit kendaraan derek, 2 unit mobil rescue dan 6unitkendaraan PJR yang bersinergi dengan Kepolisian wilayah setempat. Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi apabila terjadi lonjakan kendaraan di Tol Cipali.

"Pada libur Nataru 2021, ASTRA Tol Cipali terus mensosialisasikan gerakan Ayo Aman Berkendara kepada seluruh pengguna jalan melalui fasilitas
pendukung seperti Variable Message Sign (VMS), spanduk dan platform media sosial twitter dan instagram @astratolcipali, yang berisi imbauan keselamatan berkendara."

"Di akhir tahun ini yang didominasi dengan musim penghujan, diimbau kepada para pengguna jalan untuk berkendara maksimal 70 km disaat kondisi hujan. Dan apabila kondisi cerah berkendaralah dengan kecepatan maksimal 100 km/jam serta minimal 60 km/jam," tutur General Manager Operation ASTRA Tol Cipali, Suyitno, dalam keterangan resminya.

(lua/riar)