ADVERTISEMENT

2 Syarat Pebalap Liar Ikut Street Race di Ancol, Gratisan Lho!

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 24 Des 2021 17:20 WIB
balapan liar di tengah corona
Ilustrasi balapan liar (Muhajir Arifin)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mewadahi para pebalap jalanan ke sebuah sirkuit semi permanen di Ancol, Jakarta Utara. Jenderal bintang dua itu membeberkan syarat yang harus dipenuhi buat pebalap jalanan.

Fadil mengatakan anak-anak muda yang punya hobi balapan dapat menikmati Sirkuit di Ancol, gratis alias tidak dikenakan biaya mulai 15 Januari 2022.

"Iya digratiskan, saya kira kalau ekosistem ini sudah terbentuk dan bisa running dan melibatkan masyarakat, komunitas balapan nanti akan berkembang saya kira," ujar dia saat ditemui detikcom di Gedung Promoter Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (23/12/2021).

"Dan pemerintah daerah tugasnya memfasilitasi, karena akan terjadi simbiosis mutualisme nanti antara semua pihak yang ada di sini. Kalau semua dikerjakan dengan kesepakatan itu gratis kalau dikemas sebagai tontonan yang menarik, saya kira pasti ada deal-deal," sambungnya.

Motor peserta balap liar yang diangkut polisi/ istimewaMotor peserta balap liar yang diangkut polisi/ istimewa Foto: Motor peserta balap liar yang diangkut polisi/ istimewa

Fadil mengatakan telah menggandeng organisasi Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk mewadahi anak-anak muda yang senang balapan pakai sepeda motor modif lewat lomba resmi.

Ada sejumlah syarat yang harus ditempuh pebalap jika ingin menikmati fasilitas tersebut. Semuanya terkait dengan masalah keselamatan.

"Ada beberapa persyaratan yang harus kita sepakati bersama, seperti misalnya harus ada izin dari orang tua. Yang kedua, kalau nanti menggunakan fasilitas yang kita sepakati bersama di Ancol, mereka harus menggunakan pakaian balap, jadi nggak boleh lagi balap tanpa perlengkapan balap yang memadai, karena keselamatan menjadi prioritas kita," jelas Fadil.

Seperti diketahui balapan bagi para pebalap liar ini bakal dihelat pada 15 Januari 2022. Sejauh ini konsep street race yang diusung ialah drag race.

Fadil menyebut IMI juga menyiapkan berbagai peranti keselamatan. Semua perlengkapan itu dipinjamkan secara cuma-cuma. . Tak cuma itu. Pihak Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) juga akan berpartisipasi dengan memberikan pendidikan terkait balapan.

"Untuk keselamatan kita sudah sepakat dengan IMI, Direktur Roda Dua IMI untuk menyiapkan perlengkapan balapan, mulai dari helm, body protector, wearpack, sampai sepatu, nanti itu disiapkan gratis oleh IMI," tuturnya.

Fadil mengatakan sudah memberi perhatian terkait isu balap liar sejak masih menjadi Kapolsek Cengkareng pada 1998, dan Tanah Abang pada tahun 2000.

Kini menjabat Kapolda, akhirnya dia bertekad untuk segera melakukan intervensi dan mentransformasikan energi anak-anak muda di jalanan ke area khusus yang tak mengganggu kepentingan publik.

Fadil berharap potensi kaum muda di ajang balapan ini melahirkan figur-figur berprestasi. "Kita punya Mandalika, masak cuma (jadi) penonton orang asing yang balapan," harapnya.



Simak Video "Blak-blakan Irjen Pol Fadil Imran, Dua Syarat Ikut Balapan Gratis di Ancol "
[Gambas:Video 20detik]
(riar/riar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT