Siap-siap! SIM Moge Mau Diuji Coba di Beberapa Kota Ini

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 21 Des 2021 06:54 WIB
Jakarta -

Penggolongan SIM C yang terbagi menjadi tiga jenis belum terlaksana. Korlantas Polri saat ini masih menyiapkan sarana dan prasarana pengujian SIM. Namun dalam waktu dekat, 4 kota besar di Indonesia akan menjadi pilot project.

Kepala Seksi Pembinaan dan Pelayanan SIM Dit Regident Korlantas Polri Kompol Faisal Andri menuturkan empat kota yang menjadi awal penerapan penggolongan SIM C.

"Untuk perkembangan penggolongan SIM C I dan CII saat ini masih dalam tahap pemenuhan sarana dan prasarana beserta perangkat-perangkatnya," ujar Faisal saat dihubungi detikcom, Senin (20/12/2021).

"Terutama di empat kota yang akan menjadi pilot project yaitu di Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya," imbuh dia.

Seperti diketahui penggolongan SIM ini tertuang dalam Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM. Ada tiga jenis SIM C yang akan diterapkan, yaitu SIM C, CI, dan CII. Penggolongan SIM ini berdasarkan kubikasi mesin.

Faisal mengatakan pemilihan empat kota di Indonesia tersebut lantaran jumlah kendaraan moge atau motor gede.

"Dalam waktu dekat ini akan dimulai untuk di empat kota tersebut sambil kita nanti melengkapi juga di kota-kota besar lainnya. Berdasarkan data di empat kota besar itulah yang paling banyak motor besarnya," kata Faisal.

"Jadi persiapannya yang pertama adalah pemenuhan sarana dan prasarana ujinya seperti kendaraan yang akan dipakai untuk ujiannya. Kemudian lapangan ujinya, pelatihan-pelatihan kepada petugas yang akan mengujinya juga," jelas Faisal.Namun pelaksanaan itu akan dilakukan jika persiapan sudah 100 persen. Faisal melanjutkan sarana dan prasarana yang perlu dilengkapi ialah kendaraan bermotor dengan kapasitas mesin besar hingga petugas kepolisian yang bakal menguji pemohon SIM.

(riar/lth)